KPK Beberkan Manfaat Anggota Legislatif Terpilih Lapor LHKPN, Apa Saja?

Komisi Pemberantasan Penyalahgunaan Jabatan (KPK) mengungkapkan sejumlah alasan mengapa seluruh anggota legislatif terpilih wajib Untuk melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negeri (LHKPN). Foto/Ilustrasi/SINDOnews

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Penyalahgunaan Jabatan (KPK) mengungkapkan sejumlah alasan mengapa seluruh anggota legislatif terpilih wajib Untuk melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negeri (LHKPN). Pertama, LHKPN itu bertujuan Untuk menjaga integritas para penyelenggara Negeri.

“Sebagai wujud komitmen sebagai anggota DPRD terpilih dan Organisasi Politik Di Upaya Mencegah tindak pidana Penyalahgunaan Jabatan. Lantaran memang kita sama-sama berkomitmen Untuk melaporkan LHKPN yang ada sebagai wujud Upaya Mencegah Penyalahgunaan Jabatan,” kata Spesialis Pendaftaran LHKPN KPK Hafidha Rifqiah Pada menjadi pembicara Ke Forum Pembekalan Anggota Legislatif (Aleg) 100% Lapor LHKPN via Zoom, Jumat (19/7/2024).

Yang berikutnya, pelaporan LHKPN menjadi syarat administrasi pencalonan pelantikan Untuk anggota terpilih. “Dari Sebab Itu kalau kita lihat Penyelenggara Pemungutan Suara, bapak ibu ada yang pelantikannya Didalam awal Agustus sampai ada yang Ke akhir,” ujar dia.

Lalu, dia mengungkapkan hal itu bertujuan sebagai kontribusi DPRD Pada penilaian Monitoring Center for Prevention (MCP). “Ke mana melekat Ke daerahnya masing-masing dan kepatuhan dan kontribusi yang anggota dewan yang melaporkan LHKPN ini,” ungkapnya.

“Ini Akansegera dinilai sebagai nilai Didalam suatu Area tersebut, apakah Area tersebut sebagai pengelola Area yang baik atau kah ada catatan salah satunya penilaiannya Didalam kepatuhan pelaporan LHKPN,” sambung dia.

Yang terakhir, lanjut dia, menjadi media kontrol Komunitas. “Dari Sebab Itu kita ingin transparan kepada publik agar kita bisa sama-sama Ke lihat dan Ke nilai Dari Komunitas,” jelasnya.

Adapun kegiatan pembekalan ini diikuti seluruh kader Partai Perindo yang dikenal sebagai Partai Modern yang menjunjung tinggi Sistem Pemerintahan, peduli rakyat kecil dan gigih berjuang Untuk penciptaan lapangan kerja, Kesejaganan rakyat dan Indonesia Maju.

(rca)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: KPK Beberkan Manfaat Anggota Legislatif Terpilih Lapor LHKPN, Apa Saja?