Cegah Pikun! Kebiasaan Latihan Ini Rupanya Bisa Bikin Ingatan Makin ‘Jos’

Jakarta

Keterkaitan Latihan dan Kesejaganan otak sudah banyak dibahas Di berbagai Eksperimen. Belum lama ini, ilmuwan Di Eksperimen terbarunya mengungkapkan jenis Latihan yang Memperbaiki fungsi otak Di lansia Justru hingga lima tahun.

Peneliti Di Universitas Queensland, Australia ingin melihat bagaimana tetap aktif beraktivitas dapat mencegah demensia dan khususnya seberapa banyak Latihan yang diperlukan Untuk membuat perbedaan Di penurunan kognitif.

Eksperimen ini mengikuti Eksperimen Sebelumnya Itu yang Menunjukkan bagaimana Latihan dapat membalikkan penurunan kognitif Di seekor tikus yang Setelahnya Itu mengaktifkan Memperbaiki Perkembangan sel induk. Hal itu Setelahnya Itu Memperbaiki produksi neuron Mutakhir Di Dibagian otak yang berkaitan Di pembelajaran dan memori.


Di Eksperimen Mutakhir ini, Regu ilmuwan menemukan bahwa high intensity interval training (HIIT) yang dilakukan Pada enam bulan dapat Memperbaiki perbaikan otak dan mempertahankan ketajaman kognitif Untuk tahun-tahun berikutnya.

“Pertarungan Persahabatan HIIT Pada enam bulan sudah cukup Untuk membalikkan keadaan,” kata ahli saraf Universitas Queensland, Perry Bartlett dikutip Di Science Alert, Minggu (21/7/2024).

HIIT merupakan metode yang dilakukan Di menggabungkan Pertarungan Persahabatan bersifat aerobik intensitas lebih tinggi secara berulang dan singkat Di satu Pertarungan Persahabatan. Fokusnya adalah Untuk memvariasikan Pertarungan Persahabatan Di rendah Di Di, atau Di Di tinggi Sebelumnya kembali lagi.

Sebagai contoh misalnya ketika berlari, intensitas atau Kecepatanakses ditingkatkan lebih keras Pada 20 detik hingga beberapa menit saja, Sebelumnya akhirnya kembali Di intensitas yang lebih ringan. Hal tersebut dilakukan beberapa kali Di satu periode Latihan.

Selain berlari, Pertarungan Persahabatan HIIT juga bisa diterapkan Di jalan cepat, Naik Sepeda, naik tangga, mendayung, hingga Latihan Fisik.

Di studi yang dilakukan 151 peserta berusia 65-85 tahun dibagi menjadi tiga kelompok Latihan Di enam bulan, meliputi Pertarungan Persahabatan intensitas rendah (peregangan), Pertarungan Persahabatan intensitas Di (jalan cepat Di treadmill), dan intensitas tinggi (Pertarungan Persahabatan maksimal seperti Naik Sepeda).

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Cegah Pikun! Kebiasaan Latihan Ini Rupanya Bisa Bikin Ingatan Makin ‘Jos’