18 Lokasi Ini Tidak Merasakan Hujan Lebih 2 Bulan

Ilustrasi kemarau. Foto/Dok SINDOnews

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan sebanyak 18 Lokasi yang tersebar Hingga 3 provinsi tidak Merasakan hujan lebih Untuk 2 bulan. Lokasi yang tidak diguyur hujan terbanyak ada Hingga Jawa Timur.

“Terbaru 45% Zona Musim Indonesia yang sudah masuk musim kemarau. Selebihnya masih Merasakan musim hujan. Di ini, terdapat 18 Lokasi yang tersebar Hingga 3 provinsi Merasakan ketiadaan hujan lebih Untuk 2 bulan,” tulis BMKG Untuk keterangannya, Rabu (24/7/2024).

BMKG mengatakan Area yang sudah Merasakan musim kemarau meliputi sebagian Aceh, sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, sebagian Bengkulu, sebagian Jambi, sebagian Sumatera Selatan, sebagian Lampung, sebagian Banten hingga NTT, sebagian Kalimantan Selatan, sebagian Sulawesi Ditengah dan Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Tenggara, dan sebagian Papua Selatan.

BMKG pun mengimbau Komunitas Sebagai hemat dan menggunakan air secara bijak. Supaya dampak kekeringan bisa kita hadapi bersama. “Untuk Lokasi yang masih Merasakan musim hujan, periksa lingkungannya supaya bisa menampung dan mengalirkan air hujan Bersama baik. Apa pun musimnya, siap siaga dan siap selamat,” pungkasnya.

Berikut 18 Lokasi Hingga 3 provinsi yang tidak Merasakan hujan Bersama kategori ekstrem panjang sampai Bersama pertengahan Juli 2024:

1. NTT

Kota Kupang (92 hari),
Belu (91 hari),
Sumba Timur (89 hari),
Sabu Raijua (76 hari),
Kupang (64 hari).

2. Jawa Timur:

Kota Probolinggo (90 hari),
Probolinggo (90 hari),
Jember (87 hari),
Kediri (87 hari),
Pasuruan (86 hari),
Situbondo (86 hari),
Banyuwangi (85 hari),
Blitar (85 hari),
Mojokerto (85 hari),
Tulungagung (85 hari).

3. NTB:

Lombok Timur (88 hari),
Bima (85 hari),
Dompu (85 hari).

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 18 Lokasi Ini Tidak Merasakan Hujan Lebih 2 Bulan