Bisnis  

Kearifan Lokal Bersama Sebab Itu Modal Penting Sustainability Pengelolaan Hutan Produksi

Environmental Talk Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, Di Jakarta, Rabu (24/7/2024). FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – Pemanfaatan potensi kearifan lokal dan penanganan secara baik aspek risiko lingkungan menjadi syarat penting yang perlu dipenuhi Untuk Sustainability pengelolaan hutan produksi Di ini.

Ketua Federasi Humas dan Kerja Sama Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Sugijanto Soewadi menjelaskan, hutan produksi ketika dikelola Melewati platform sustainability forest secara konsisten dan akuntabel, Memiliki peran dan kontribusi besar Untuk aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial.

“Pengelolaan hutan produksi berperan Untuk membuka akses pembangunan Daerah terisolir, Merangsang tumbuhnya Kesejaganan dan usaha Kelompok, serta menjawab berbagai Permasalahan sosial dan Pemanasan Global,” kata Sugijanto Di Environmental Talk Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, Di Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Dia menjelaskan, Di masa lalu, pengelolaan hutan produksi memang masih eksploitatif dan ekstraktif. Akan Tetapi Dari tahun 1990-an pengelolaan hutan produksi Di Indonesia mengarah Di kelestarian hutan.

“Pemahaman etika lingkungan Lebih Merangsang pengelolaan hutan produksi Di kelestarian ekonomi, sosial, dan lingkungan,” kata dia.

Sugijanto mengatakan, Di ini Usaha pengelolaan hutan produksi Berusaha Mengatasi dinamika yang harus direspons Bersama pelaku usaha. Hasil hutan berupa kayu saja dipandang tidak lagi memadai Di Di ancaman krisis Ketahanan Pangan, air, Pemanasan Global, energi serta krisis lingkungan yang lebih luas.

Yang Terkait Bersama hal itu, pemerintah telah Memutuskan langkah Aturan strategis Untuk Merangsang penerapan model Usaha Multi Usaha Kehutanan. “Melewati pendekatan tersebut, pengelolaan hutan selain dituntut Untuk menjaga sustainabilitasnya, juga didorong Membuat berbagai usaha lain seperti hutan tanaman energi, ekowisata, agroforestri, Usaha karbon dan pemanfaatan produk non-kayu,” kata dia.

Dosen SIL UI Mahawan Karuniasa juga menekankan tentang pentingnya etika lingkungan Untuk pengelolaan sumber daya alam. Dia menjelaskan, banyak kearifan lokal Di Indonesia khususnya Yang Terkait Bersama Bersama pengelolaan sumberdaya alam, Akan Tetapi tidak cukup Untuk menjadi pilar pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan, Sebab pemanfaatan sumberdaya alam didominasi Bersama konglomerasi maupun entitas besar.

“Maka Itu dibutuhkan pilar lain yaitu etika kebangsaan, khususnya etika lingkungan Untuk melestarikan sumberdaya alam kita,” kata Mahawan.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kearifan Lokal Bersama Sebab Itu Modal Penting Sustainability Pengelolaan Hutan Produksi