Bisnis  

Berapa Biaya Pembangunan Kantor Kepala Negara Ke IKN? Berikut Rinciannya

Pembangunan Gedung Kantor Kepala Negara Ke IKN sudah rampung yang ditandai Bersama pemasangan terakhir bilah sayap garuda. Lalu berapakah biaya pembangunan kantor Kepala Negara Ke IKN? Foto/Dok

JAKARTA – Pembangunan Gedung Kantor Kepala Negara Ke Ibu Kota Nusantara ( IKN ) sudah rampung yang ditandai Bersama pemasangan terakhir bilah sayap garuda yang berada Ke paling ujung struktur bangunan. Lalu, berapakah biaya pembangunan kantor Kepala Negara Ke IKN?.

Pembangunan Kantor Kepala Negara Ke bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Area (BPPW) Kalimantan Timur Bersama kontraktor pelaksana PT PP – Wika KSO. Dana pembangunan kantor Kepala Negara Ke IKN bersumber Bersama Dana Pendapatan Belanja Negeri atau APBN senilai Rp1,56 triliun.

Pembangunan Kantor Kepala Negara nantinya terdiri Bersama lobby utama, kantor atau ruang kerja Kepala Negara, ruang Diskusi Tim Menteri Kerja, ruang drop off Kepala Negara, ruang audiensi, ruang Press conference, dan lobby penerimaan.

Sebagai informasi tambahan, pembangunan Bangunan Gedung Kantor Kepala Negara IKN Memperoleh nilai Kesepakatan Rp1,5 triliun Bersama estimasi waktu pengerjaan Di 720 hari kalender.

Sebelumnya Itu Pembantu Kepala Negara Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerangkan, pembangunan Kantor Kepala Negara telah dilakukan Kementerian PUPR Sebelum November 2022.

Desain Istana Kepala Negara Ke IKN

Wujud Istana Kepresidenan Ke ibu kota Terbaru didesain Dari arsitek I Nyoman Nuarta, yang sekilas nampak seperti Garuda berwarna hijau yang Lagi mengepakkan sayapnya.

Ke Ditengah arsitektur Garuda terdapat bangunan yang dilapisi kaca berwarna hijau. Struktur bangunan itu berada Ke atas sebuah gunungan bukit dan dipisahkan Bersama jalan.

Di Di jalan, terdapat pula bangunan Bersama atap yang ditutupi rerumputan hijau. Bangunan tersebut menghadap sebuah lapangan yang dilengkapi Bendera Merah Putih.

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berlangsung. Kepala Garuda resmi terpasang, Di Sabtu (29/6/2024). Pemasangan ini merupakan Dibagian akhir Bersama konstruksi bilah-bilah Garuda yang monumental.

Bilah-bilah Garuda karya Nyoman Nuarta ini menjadi simbol Bersama Kantor Kepala Negara Ke Nusantara yang Berencana menjadi warisan Untuk generasi mendatang. Di Dibagian gedung dilengkapi Bersama modul bilah sebanyak 4.650 bilah yang nantinya Berencana membentuk lambang burung garuda yang menjadi facade Bersama gedung Kantor Kepala Negara.

Konstruksi Kantor Kepala Negara Ke IKN

Material yang digunakan Di bilah Garuda terbuat Bersama weathering steel, yaitu jenis baja yang Bertahan cuaca dan korosi. Baja ini berkekuatan tinggi yang dirancang Untuk Membuat lapisan oksida mirip karat yang melindungi permukaannya, tanpa memerlukan Warna tambahan.

Baja ini membentuk lapisan karat alami Di waktu 6 bulan yang justru mencegah korosi Lebih Jelas Bersama ketahanan korosi 4-8 kali lebih baik dan kekuatan mekanik 30% lebih tinggi dibanding baja karbon konvensional. Weathering steel tidak memerlukan Warna atau Penanganan berkala.

“Lantaran estetika unik dan daya tahannya baja ini menjadi pilihan Unjuk Di arsitektur dan Karya Seni luar ruangan, Lantaran menjadikan setiap struktur lebih Bertahan lama dan menawan,” jelas Kementerian PUPR seperti dkutip Bersama laman IG resminya.

Produk Lokal

Pembantu Kepala Negara PUPR Basuki Hadimuljono memastikan, pembangunan Istana Kepala Negara Ke Ibu Kota Nusantara (IKN) 100% bakal menggunakan produk Di negeri. Hal tersebut bertujuan agar pengusaha Di negeri, terutama produsen produk konstruksi, bisa Memperoleh kue pembangunan atau keuntungan Bersama adanya pembangunan proyek ibu kota Terbaru.

“Untuk TKDN saya ingin terus Mendorong semangat kita menggunakan TKDN atau produk Di negeri, Istana Kepala Negara, Kantor Kepala Negara insyaAllah 100% interiornya Berencana memakai produk Di negeri,” ujar Pembantu Kepala Negara Basuki, (3/11/2023).

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Berapa Biaya Pembangunan Kantor Kepala Negara Ke IKN? Berikut Rinciannya