Bisnis  

5 Negeri Eropa yang Ketergantungan Gas Rusia, 2 diantaranya Anggota Paktapertahananatlantikutara

Ini 5 Negeri Eropa yang masih ketergantungan Di gas Rusia. Dua diantaranya justru anggota Paktapertahananatlantikutara. Foto/Dok

JAKARTA – Gas Rusia telah menjadi salah satu aspek penting Bagi beberapa Negeri Eropa . Malahan ada sejumlah Negeri yang sangat bergantung Di pasokan gas Rusia.

Setidaknya ada lima Negeri Eropa yang sangat bergantung Di gas tersebut. Walaupun beberapa Di antaranya sudah mulai melepas ketergantungan, Tetapi masih ada pula yang kesulitan.

Sebagai informasi, Rusia telah dikenal sebagai pemasok utama gas Bagi Negeri-Negeri Eropa. Tetapi, status ini mulai menjadi masalah ketika Moskow melakukan invasi Hingga Ukraina Di Februari 2022.

Mengutip data Statista tentang ‘Pangsa Pasokan Gas Untuk Rusia Di Eropa Di 2021’, tercatat ada sejumlah Negeri yang sangat bergantung Di pasokan gas Moskow. Tiga Di antaranya Malahan sempat mencatatkan angka 100%.

Tetapi, menyusul imbauan Hukuman Politik atas invasi Kremlin Hingga Ukraina, konsumen gas Rusia dilanda perpecahan. Beberapa Di antaranya mendukung Hukuman Politik dan mulai mencari cara agar keluar Untuk ketergantungan, Sambil Itu masih ada juga yang belum bisa lepas.

Lalu, siapa saja Negeri Eropa yang sangat bergantung Di gas Rusia? Berikut lima teratas Di antaranya.

Negeri Eropa yang Sangat Bergantung Di Gas Rusia (H2)

1. Bosnia and Herzegovina (100%)

Bosnia and Herzegovina menjadi salah satu Negeri Eropa yang paling bergantung Di gas Rusia. Menurut data Statista, Negeri ini menjadikan Rusia sebagai satu-satunya sumber pasokan gas Sebelum 2019.

Mengutip Euractiv, Bosnia and Herzegovina Memperoleh gas Rusia Untuk Turkish Stream Melewati cabang Untuk Serbia. Pipa gas yang masuk lewat kota Zvornik Di Pada timur itu menjadi satu-satunya penghubung gas Negeri ini Di dunia.

Sebelum invasi Rusia Hingga Ukraina, Bosnia and Herzegovina juga sering Memperoleh Penilaian Untuk Negeri-Negeri lain Sebab masih mengimpor gas Untuk Moskow. Polemik ini sejatinya telah memecah belah politisi dan Komunitas berdasarkan garis etnis.

Di satu sisi, pemimpin politik Republika Srpska dan beberapa entitas lain ingin Meningkatkan ketergantungan gas serta Berusaha membangun jaringan pipa gas Terbaru Di Serbia. Di sisi lain, para pemimpin Federasi Bosnia & Herzegovina yang mayoritas penduduknya adalah etnis Bosnia dan Kroasia Mencari Hubungan Hingga jaringan pipa gas Kroasia agar nantinya dapat terhubung Hingga Barat.

2. Moldova

Berikutnya ada Moldova. Beberapa tahun lalu, Negeri ini secara eksklusif bergantung Di gas Rusia berdasarkan kesepakatan Di perusahaan Gazprom.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 5 Negeri Eropa yang Ketergantungan Gas Rusia, 2 diantaranya Anggota Paktapertahananatlantikutara