Wisata  

Mengenang Pempek Unyil, Tempat Nongkrong Anak Muda Palembang Tahun 90-an



Palembang

Di era tahun 1990-an, anak muda Di Kota Palembang pasti tidak Foreign Didalam namanya Pempek Unyil. Inilah tempat nongkrong hits Di masa itu.

Berlokasi Di Jalan Kepandean, Lokasi 18 Ilir Kecamatan Ilir Timur I Palembang, Pempek Unyil pernah tersohor menjadi tempat tongkrongan remaja era 80-90an.

Di era tahun 80-an dan 90-an, Pempek Unyil merupakan salah satu tempat Unjuk bujang gadis Palembang Sebagai nongkrong dan berpacaran, Lantaran tempat ini menyediakan Hidangan dan minuman khas Palembang.


Menurut Lusi (50), jika mendengar nama Pempek Unyil dirinya langsung ingat masa-masa remaja yang hampir setiap Minggu Di tempat makan Pempek Unyil bersama suaminya dulu.

“Seingat saya Di itu tahun 1985an, saya dan suami setiap Minggu Di Pempek Unyil Sebagai menghabiskan waktu mengobrol dan menikmati Hidangan beragam jenis Pempek, Di itu saya dan suami masih pendekatan, tempat itu memang terkenal semua remaja Palembang tahun 80-90an itu pasti pernah Di Pempek Unyil,” katanya.

Lusi menjelaskan harga Pempek Unyil dulu per satu biji Rp 500 dan harga es campur Rp 800. Era itu, Pempek Unyil merupakan tempat tongkrongan pempek yang lumayan mewah.

“Tetapi sayang hampir masuk tahun 2000-an Pempek Unyil yang berada Di Jalan Kepandean, Lokasi 18 Ilir berangsur sepi dan akhirnya tutup Lantaran sudah banyak saingan,” ujarnya.

Sambil Itu, Budayawan Palembang Mang Amin mengatakan Di era 80-90an Di kawasan Jalan Kepandean selain Pempek Unyil memang ada beberapa tempat kedai pempek yang sangat digemari.

“Di lingkungan itu memang terkenal Didalam pempeknya. Dan Di masa itu Bujang Gadis Palembang berlomba-lomba mengajak pasangan Di lokasi itu Lantaran memang hits Sebagai tempat muda-mudi, Di sana Selain Pempek Unyil, ada juga yang namanya pempek remaja dan pempek taman sari, Tetapi memang Pempek Unyil yang paling terkenal,” katanya.

Di ini, Di lokasi Pempek Unyil dan beberapa kedai pempek lainnya Di Jalan Kepandean, Lokasi 18 Ilir Kecamatan Ilir Timur I Palembang yang sempat terkenal tahun 80-90an tinggal kenangan.

Tidak terlihat lagi bekas ruko jualan Pempek Unyil tersebut kini yang terlihat hanyalah ruko yang berjualan Pengganti dan Kasut.

——-

Artikel ini telah naik Di detikSumbagsel.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Mengenang Pempek Unyil, Tempat Nongkrong Anak Muda Palembang Tahun 90-an