Komnas KIPI Buka Suara Yang Berhubungan Didalam Bayi 3 Bulan Ke Sukabumi Meninggal usai Imunisasi


Jakarta

Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas PP KIPI) buka suara mengenai laporan kematian bayi berusia 3 bulan Ke Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal pasca imunisasi. Bayi laki-laki berinisial MKA meninggal beberapa jam Sesudah Memperoleh imunisasi Didalam empat jenis Imunisasi.

Didalam hasil investigasi yang dilakukan Asosiasi Lokasi (Komda) KIPI Jawa Barat dan Pokja KIPI Kota Sukabumi bersama Dinas Kesejajaran Kota Sukabumi menyampaikan bayi tersebut lahir Didalam Dukungan bidan dan sudah Memperoleh vitamin K juga Imunisasi hepatitis B.

Imunisasi yang diberikan tenaga Kesejajaran Pada bayi ini merupakan imunisasi ganda, yaitu pemberian Imunisasi lebih Didalam satu jenis Imunisasi Di sekali kunjungan. Pemberian imunisasi Didalam 4 jenis Imunisasi (BCG, DPT-HB-Hib, Polio, Rotavirus) Sebagai melengkapi status imunisasinya dan mengejar imunisasi yang belum didapatkan.


Menyikapi laporan dugaan kematian bayi yang dikaitkan Didalam imunisasi ganda, audit kausalitas telah dilakukan Dari Komda KIPI Jawa Barat dan Komisi Nasional (Komnas) KIPI.

“Audit KIPI telah dilakukan bersama Komda KIPI Jawa Barat dan Komnas KIPI. Hasil audit berdasarkan informasi yang ada adalah belum dapat dinyatakan penyebab kematian, apakah ada hubungan Didalam imunisasi, rekomendasinya adalah dilakukan autopsi,” ujar Prof Hindra Satari, Ketua Komnas KIPI dikutip Didalam laman Sehat Negeriku.

Yang Berhubungan Didalam Ide autopsi, pihak keluarga almarhum Bayi MKA tidak berkenan Sebagai dilakukan. Hal ini menyusul pihak keluarga yang telah mencabut Keinginan polisi.

Ke Di itu Badan Pengawas Terapi dan Makanan RI (BPOM) juga sudah Membahas sampel Imunisasi yang disuntikkan kepada almarhum bayi MKA. Pengambilan sampel Imunisasi dilakukan Sebagai menilai Mutu Imunisasi.

“BPOM juga Membahas sampel Imunisasi-Imunisasi yang diberikan kepada almarhum Bayi MKA. Sampel ini Sebagai dilakukan uji Mutu. Dari Sebab Itu, Lagi dilakukan uji Mutu,” Prof Hindra menambahkan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Komnas KIPI Buka Suara Yang Berhubungan Didalam Bayi 3 Bulan Ke Sukabumi Meninggal usai Imunisasi