8 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Mudah Lelah hingga Kulit Berjerawat

Jakarta

Gula sebenarnya adalah sumber energi yang dibutuhkan Dari tubuh. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, gula justru dapat Memberi dampak buruk Untuk Keadaan.

Di dasarnya gula dapat ditemukan secara alami Di buah-buahan. Gula juga sering ditambahkan Hingga Di aneka Konsumsi dan minuman. Kendati demikian, gula sebaiknya dikonsumsi Di batas wajar.

Dikutip Di laman Mayo Clinic, kadar gula darah puasa normal adalah Hingga bawah 100 mg/dL. Sedangkan, kadar gula darah normal Sesudah makan adalah Hingga bawah 140 mg/dL. Ketika kadar gula darah melebihi batas tersebut, seseorang dapat dikatakan Merasakan hiperglikemia dan Memperoleh risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.


Lalu, seperti apa tanda tubuh kelebihan gula? Dikutip Di Everyday Health, berikut Tanda-Tanda yang perlu diwaspadai.

1. Mudah Lapar

Peningkatan rasa lapar adalah salah satu tanda tubuh kelebihan gula.

“(Gula) memang memuaskan selera, tetapi tidak benar-benar mengenyangkan atau mengisi perut kita,” ujar pakar Gizi Di Lemond Nutrition Hingga Texas, Keri Stoner-Davis, RDN.

Tanpa protein, serat, dan lemak sehat, yang cenderung tidak ada Di kebanyakan camilan manis, tubuh Berencana membakar gula Bersama cepat. Alhasil, tubuh menjadi cepat merasa lapar Agar Merangsang seseorang Sebagai makan atau ngemil lebih sering.

2. Sering Lelah

Sering merasa lelah meski sudah beristirahat? Ini bisa Dari Sebab Itu salah satu tanda tubuh kelebihan gula.

Stoner-Davis mengatakan gula adalah sumber energi yang sangat cepat dicerna. Dari Sebab Itu berapa pun banyaknya Konsumsi manis yang dikonsumsi, tubuh tetap Berencana cepat merasa lapar dan kekurangan energi.

Perubahan kadar gula darah dan insulin juga dapat menyebabkan kadar energi anjlok dan memengaruhi tingkat energi secara keseluruhan.

3. Gampang Marah dan Tersinggung

Percaya atau tidak, orang yang Merasakan kelebihan gula ternyata lebih mudah tersinggung. Sebuah Eksperimen Menunjukkan mengonsumsi gula tambahan dapat Memperbaiki peradangan, memperburuk suasana hati, dan menyebabkan Tanda-Tanda depresi.

“Konsumsi atau camilan tinggi gula tanpa protein dan lemak Bersama cepat Memperbaiki gula darah Anda, tetapi Di tubuh Anda bergegas memproses semuanya, tingkat energi Anda turun, membuat Anda merasa lesu dan mudah tersinggung,” kata instruktur Keadaan Hingga New York, Jessica Cording, RD.

4. Tekanan Darah Tinggi

Terlalu banyak mengonsumsi Konsumsi manis juga bisa menjadi penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sebuah studi Menunjukkan kebiasaan mengonsumsi minuman manis yang tinggi gula dikaitkan Bersama kejadian hipertensi yang lebih tinggi.

Para ilmuwan juga menemukan kadar glukosa yang terlalu tinggi dapat merusak pembuluh darah, Agar memudahkan lipid seperti kolesterol menempel Di dinding pembuluh darah.

“Ketika itu terjadi, pembuluh darah Berencana mengeras. Ketika pembuluh darah mengeras, tekanan darah Berencana naik,” ucap Ahli Kebugaran sekaligus peneliti William W Li, MD.

5. Kulit Jerawatan

Kulit gampang jerawatan? Awas, bisa Dari Sebab Itu itu tanda tubuh kelebihan gula. Cording mengatakan orang yang Lagi berjuang melawan jerawat sebaiknya Memangkas konsumsi gula. Sebab, gula dapat memengaruhi Keadaan kulit dan kecenderungan jerawat.

“Kontrol glikemik memainkan peran penting Di Keadaan kulit dan jerawat,” tuturnya.

Lebih Jelas, sebuah Eksperimen menemukan resistensi insulin dapat memengaruhi perkembangan jerawat.

6. Nyeri Sendi

Nyeri sendi tidak hanya disebabkan Dari faktor usia saja. Terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa menjadi penyebab Kebugaran ini.

Sebuah survei yang dilakukan Di pengidap rheumatoid arthritis (RA) menemukan 24 persen responden Memperoleh kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dan Konsumsi penutup manis.

“Mengonsumsi gula terlalu banyak dapat menyebabkan peradangan sistemik, yang dapat menyebabkan nyeri sendi,” kata Cording.

7. Gangguan Tidur

Gangguan tidur juga dapat menjadi tanda tubuh kelebihan gula. Sebuah Eksperimen yang dilakukan Di 300 mahasiswa menemukan Standar tidur yang buruk sangat berkaitan Bersama pola makan yang tinggi gula.

“Untuk seseorang yang secara kronis mengonsumsi gula tambahan Di jumlah berlebihan, hal itu benar-benar dapat mengacaukan siklus tidur dan Standar tidur mereka,” ujar Cording.

8. Masalah Pencernaan

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan iritan usus, salah satu Kebugaran yang dapat memicu sakit perut, kram, hingga diare.

Stoner-Davis mengatakan pola makan tinggi gula juga dapat memicu masalah pencernaan Di orang yang mengidap Kebugaran tertentu, seperti sindrom iritasi usus besar, Penyakit Crohn, kolitis ulseratif. Gula juga dapat memperburuk Tanda-Tanda gastrointestinal Di pasien yang Terbaru menjalani operasi perut.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 8 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Mudah Lelah hingga Kulit Berjerawat