Inisiatif Pesiar BPJS Keadaan, Percepat Capaian UHC Di Kabupaten Semarang

Inisiatif Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (Pesiar) yang dicanangkan BPJS Keadaan Lebih memperkuat capaian kepesertaan Inisiatif Jaminan Keadaan Nasional (JKN) Di Kabupaten Semarang.

UNGARAN – Inisiatif Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (Pesiar) yang dicanangkan BPJS Keadaan Lebih memperkuat capaian kepesertaan Inisiatif Jaminan Keadaan Nasional (JKN) Di Kabupaten Semarang. Data per 1 Juli 2024, sebanyak 1.057.458 jiwa penduduk Di Kabupaten Semarang telah terdaftar sebagai peserta JKN atau sebesar 98,10 persen Didalam total jumlah penduduk sejumlah 1.077.912 jiwa.

“Salah satu fokus utama BPJS Keadaan tahun 2024 ini adalah upaya pencapaian cakupan peserta dan peningkatan keaktifan kepesertaan JKN. Salah satu upaya Untuk merealisasikan fokus tersebut Lewat Inisiatif Pesiar. Lewat Inisiatif ini, kami ingin memetakan Kelompok Di tingkat desa Untuk nantinya didaftarkan sebagai peserta JKN,” kata Iftida Yasar, Anggota Dewan Pengawas BPJS Keadaan, Untuk kegiatan BPJS Keadaan Goes to PESIAR Di Desa Kesongo, Kabupaten Semarang, Jumat (26/7/2024).

Selain membantu Untuk merealisasikan capaian Universal Health Coverage (UHC), upaya ini juga Untuk Memberi perlindungan berupa jaminan Keadaan agar seluruh Kelompok dapat terlindungi Ke Untuk Inisiatif JKN.

Desa Kesongo merupakan salah satu desa Di Kabupaten Semarang yang menjadi percontohan Untuk pelaksanaan Inisiatif Pesiar BPJS Keadaan. Di Di Itu juga ada desa lainnya, seperti Desa Lopait, Desa Tuntang dan Desa Karanganyar. Berkat andil Inisiatif Pesiar, per 1 Juli 2024 sudah ada 173 desa Di Kabupaten Semarang berhasil meraih UHC Didalam kepesertaan JKN Di atas 95persen Didalam total jumlah penduduk.

Iftida menjelaskan, Inisiatif Pesiar merupakan bentuk kolaborasi Di BPJS Keadaan Didalam pemangku kepentingan sebagai implementasi Instruksi Ri Nomor 1 Tahun 2022 tentang Jaminan Keadaan. Inisiatif ini penting dilaksanakan Untuk tercapainya Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Ramah Lingkungan) Desa-Desa Sehat Sejahtera Di Indonesia, Meningkatkan validitas data kependudukan dan Data Terpadu Keadaan Sosial (DTKS) serta tercapainya penduduk desa 100% terlindungi Inisiatif JKN.

“Kami ingin seluruh lapisan Kelompok Lebih memahami pentingnya jaminan Keadaan. Tak terkecuali Di lingkup terkecil yakni desa. Didalam sinilah, cakupan kepesertaan JKN Lebih bertumbuh Agar manfaatnya dapat dirasakan secara lebih menyeluruh. Didalam Memperoleh jaminan Keadaan, Kelompok menjadi lebih Tenteram dan nyaman Untuk beraktivitas. Tidak khawatir persoalan Keuangan Untuk akses layanan Keadaan,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan Inisiatif Pesiar ini, BPJS Keadaan didukung Dari pemerintah Lokasi ataupun pemerintah desa yang berkomitmen tinggi Untuk Memberi perlindungan Keadaan kepada warganya. Pemerintah desa ini Berencana menunjuk Agen Pesiar yang memainkan peran penting Untuk terjun langsung Ke lapangan, melakukan pemetaan data penduduk, penyisiran Area, mengadvokasi Kelompok hingga pendaftaran peserta JKN Di desa-desa.

“Desa itu ujung tombak Keadaan Kelompok. Saya harapkan adanya gotong royong antar warga Untuk bersama mendukung Inisiatif Pesiar ini. Di Di Itu, penguatan promotif preventif Didalam mengubah Cara Hidup menjadi lebih sehat. Inisiatif Pesiar ini menjadi upaya peningkatan Mutu hidup Kelompok Untuk mewujudkan Kelompok Indonesia yang Lebih sehat dan sejahtera yang berdaya saing Di kancah Dunia,” tutur Iftida.

Deputi Direksi Area VI BPJS Keadaan Mulyo Wibowo menambahkan, pihaknya terus Berusaha Merangsang pencapaian UHC sampai Ke tingkat desa. Para Agen Pesiar nanti Berencana menyisir Kelompok Di desanya yang belum mempunyai jaminan Keadaan. Harapannya, pelaksanaan Inisiatif Pesiar Di Kabupaten Semarang bisa ditambah secara bertahap.

“Kami melihat proporsinya terlebih dahulu, apakah desa ini sudah UHC atau belum. Kami harapkan seluruh desa Di Kabupaten Semarang ini bisa UHC Agar Keadaan warga dapat terlindungi Didalam baik,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Inisiatif Pesiar BPJS Keadaan, Percepat Capaian UHC Di Kabupaten Semarang