Forum Legislatif Indonesia-Pasifik Dorong Prototipe Blue Economy

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Legislatif (BKSAP) Lembaga Legis Latif Putu Supadma Rudana. Foto/Istimewa

JAKARTA – Sidang Kedua Indonesia-Pasific Parliamentary Partnership (IPPP) Ke Senayan, Jakarta Pusat menjadi momentum Sebagai Merangsang Prototipe blue economy Sebab kedua Bangsa ini merupakan Bangsa kepulauan yang dikeliling Bersama lautan. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Legislatif (BKSAP) Lembaga Legis Latif Putu Supadma Rudana.

Dia menuturkan, maka itu tema yang diusung Di forum ini ‘Partnership for Prosperity: Fostering Regional Connectivity and Inclusive Development’. “Kita ketahui bahwa Indonesia adalah Bangsa kepulauan, Pasific juga Bangsa kepulauan yang dikelilingi Bersama lautan. Indonesia 2/3 wilayahnya adalah lautan. Potensi maritim, potensi Bersama blue economic sangat besar. Marine mega-biodiversity Sebab begitu luasnya,” ujar Putu, Minggu (28/7/2024).

“Kedua, segala potensi dan richness kekayaan. Keindahan alam Sebab laut kita sangat luar biasa kaya. Bersama Sebab Itu potensi pertama hubungannya Bersama food security kita. Kita harus merawat laut kita, memang blue economic menjadi penting Sebab perikanan potensinya Ke situ,” sambung Putu yang juga sebagai anggota Inter-Parliamentary Union (IPU) Sebagai Pembangunan Ketahanan ini.

Dia menuturkan, Agrikultur pesisir dan potensi kepariwisataan penting juga Sebagai dibuatkan format kerja sama blue economy. Dia mengatakan, ekonomi yang dibangun Bersama Prototipe blue economy Berencana menjadi sangat luar biasa. Sebab, biasanya Bangsa yang dikelilingi Bersama lautan itu sangat indah.

“Bayangkan, Indonesia Memperoleh Raja Ampat, Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan Bali serta pulau lainnya. Ke Pasifik juga begitu indahnya. Bersama Sebab Itu destinasi dan potensi Wisata Internasional begitu besar. Potensi laut juga tidak kalah pentingnya, baik Bersama sisi food security. Ke mana kita ketahui, laut ini begitu banyak spesies ikan yang dapat dikonsumsi Sebagai kebutuhan food security kita. Makanya, Di Didepan harus dijaga keberlangsungan potensi laut kita ini,” tuturnya.

Putu mengatakan ekonominya juga Di Didepan harus didapatkan secara sustainable atau berkelanjutan. Maka, potensi ini harus mampu digali Sebagai kebutuhan peningkatan (growth) dan ekonomi daripada masyarakatnya. “Terakhir, laut juga harus kita jaga preservasinya (pemeliharaan atau Perawatan Medis) dan menjaganya agar tetap berkesinambungan, lestari sepanjang masa Bagi genearsi berikutnya,” imbuhnya.

Bersama karenanya, menurut Putu, Prototipe blue ekonomi adalah Prototipe mendasar Bangsa-Bangsa kepulauan dan memang harus Ke-mainstreaming. Dia mengakui pemerintah sudah Melakukanlangkah-Langkah melakukan ini Agar Bersama Legislatif ingin terus Merangsang perannya. Misalnya, peran Legislatif membangun regulasi Sebagai Memperbaiki Prototipe blue economy.

“Bagaimana afirmasi Dana, pengawasan kita agar pemerintah betul-betul yakin bahwa Prototipe blue economy Berencana Memberi Keadaan Ke setiap Komunitas, baik Indonesia maupun Bangsa-Bangsa Pasifik. Tentu blue economy ini menjadi Prototipe Di Didepan yang patut kita kawal, tapi tidak bisa hanya kita gunakan Prototipe harus ada capacity building, harus ada peningkatan bagaimana kita memaping laut kita,” ungkapnya.

Terpenting, kata dia, menjaga Permasalahan-Permasalahan climate change, Sebab potensi laut juga dapat memetakan permasalahan-permasalahan yang berhubungan Bersama alam. Bersama Sebab Itu, ada plate Ke situ yang bersinggungan bisa memahami Wacana Di Didepan bagaimana melihat potensi alam laut. “Tentu harus ada satu Prototipe mainstrem Sebagai melakukan Eksperimen Di laut Indonesia dan laut-laut Pasifik, ini menjadi sangat penting,” kata Legislator asal Bali ini.

Adapun Yang Terkait Bersama Permasalahan Krisis Lingkungan, mitigasi, dan adaptasi climate change, kata dia, Bangsa maju dan Bangsa kaya komitmennya yang sudah disampaikan Ke 2020 itu harus dideliver atau diwujudkan 100 miliar Kurs Matauang Amerika per tahun. Kalau dihitung sampai sekarang, lanjutnya, Bisa Jadi sudah hampir 500 miliar Kurs Matauang Amerika Amerika Serikat.

“Ke Pada COP28 Ke Dubai, kebutuhannya bukan billion US Dollar lagi tapi trilion US Dollar. Bersama Sebab Itu bayangkan, betapa besarnya kebutuhan dana Sebagai mitigasi dan adaptasi climate change. Agar Bangsa-Bangsa maju wajib berkomitmen, Sebab Bangsa Pasifik langsung nyata dampaknya terjadi. Bisa Jadi kenaikan suhu bumi, kenaikan permukaan air laut. Tentu ini kita perjuangkan bersama,” ujarnya.

Di forum ini, Putu mengatakan Legislatif Indonesia-Pasifik ingin menemukan satu kesamaan komitmen sama-sama memperjuangkan Permasalahan climate change Di forum internasional, salah satunya COP29 nanti yang Menyoroti masalah climate finance, climate found.

“Kita bawa Forum IPU (Inter-Parliamentary Union) agar resolusi Ke IPU Menyoroti tentang bencana ini, mitigasi ini agar Bangsa maju punya komitmen konkret Sebagai mendeliver janji-janji mereka dan kita bawa juga Di Organisasi Internasional. Dan Ke Organisasi Internasional dipastikan Di UN GA (United Nation General Assembly) memutuskan bahwa Permasalahan penting adalah Permasalahan climate change yang harus ditekel bersama, ini urgent dan harus nyata segera diselesaikan,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Forum Legislatif Indonesia-Pasifik Dorong Prototipe Blue Economy