Rasa Mengemudi MPV Listrik Murah BYD M6

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

BYD M6 salah satu bintang Ke GIIAS 2024. Bagaimana tidak, pabrikan asal China itu Mengintroduksi MPV berbasis baterai Di harga yang sangat terjangkau.

Bagi konsumen Ke Indonesia, harga Kendaraan Pribadi Bertenaga Listrik BYD M6 mulai Rp379 juta Bagi tipe standar 7 seater. Bagi tipe Superior 7 seater dijual Rp419 juta. Tipe Superior Captain Seat Rp429 juta.

Tak menunggu waktu lama, saya pun langsung Ke Ke lokasi test drive usai Kendaraan Pribadi diluncurkan Ke salah satu pameran Kendaraan Pribadi terbesar Ke Asia Tenggara itu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT





BYD M6 diluncurkan Ke GIIAS 2024 berlangsung Ke Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Desain eksterior

Eksterior BYD M6 menawarkan bahasa desain yang mudah diterima konsumen Untuk negeri. BYD sepertinya lebih menawarkan fungsi Untuk sebuah MPV daripada sekadar desain yang hanya sedap dipandang mata.

Ke Dibagian bumper Didepan ada dua saluran udara yang bentuk lubangnya sangat Modis sesuai Di dua lampu utama yang mengapit lis krom bertuliskan BYD.

Beranjak Ke Di juga tidak terlalu mencolok dan tidak terlalu mengejar kata futuristik. Beranjak Ke Di, saya disajikan desain MPV yang biasa-biasa saja tapi sangat proporsional Di lampu rem LED.




BYD M6Meter cluster BYD M6. (CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)

Interior

BYD M6 yang saya jajal ini tipe Superior 7 seater dijual Rp419 juta.

Begitu duduk terasa sekali MPV mewahnya, ada soft touch Ke doortrim, dasbor. Joknya juga menggunakan bahan kulit yang cukup nyaman.

MPV M6 punya panjang keseluruhan 4,7 meter, lebar 1,8 meter dan tinggi 1,6 meter, Jarak sumbu roda 2.800 mm dan tinggi ground clearance 170 mm.

Ada satu fitur ikonik Untuk BYD yakni head unit yang bisa berputar Untuk posisi horizontal Ke vertikal.

Tapi sayangnya, meter cluster atau penunjuk Kecepatanakses dan rpm masih tipe analog yang masih berupa jarum. Terlepas Untuk situ saya bisa Meninjau pilihan Tren berkendara Di layar kecil yang diapit jarum analog. Oia Meninjau Situasi baterai secara real-time Di layar kecil Ke Didepan.

Menilik spesifikasi dan fitur Kendaraan Pribadi ini ada tyre pressure monitoring system, isofix, ABS, electric parking brake, electronic stability control, traction control system, electronic brake-force distribution, vehicle dynamic control system.

Lanjutnya juga ada fitur hill hold control, brake disc wiping system, coordinated regenerative braking system, roll movement intervention, brake override system, around view monitor, rear 4 radars, auto hold juga tersedia Ke seluruh varian M6.




BYD M6BYD M6 menyuguhkan dasbor berukuran besar dan lebar. (CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)

Rasa mengemudi

Kabin BYD M6 menawarkan kesenyapan kabin yang cukup baik Bagi Meningkatkan Pengalaman Hidup berkendara Bagi pengemudi dan penumpang.

Sebab mobilnya yang lumayan lebar dan panjang saya butuh beberapa menit Bagi memahami pergerakan Untuk Kendaraan Pribadi ini.

Awalnya agak kagok duduk Ke Sofa pengemudi Sebab saya disuguhkan dasbor yang besar dan lebar. Di pengemudi tinggi badan 168 sentimeter, saya harus menaikkan kursinya lewat pengaturan elektrik.

BYD sangat cerdik mendesain kaca dan pilar A, sebab saya tetap dapat Meninjau objek Ke Didepan dan Di, visibilitas Ke Didepan sangat baik. Tetapi saya agak terganggu Di desain kap yang seakan hilang Di mengemudi.

Memang ini preferensi Untuk masing-masing pengendara seberapa tepat Menantikan area Didepan. Bagi saya harus ekstra hati-hati begitu berada Ke padat penduduk atau gang sempit.

Kendaraan Pribadi ini punya setir yang asik digenggam, dan diameternya pas Bagi orang Indonesia. Setirnya juga tidak berat Di diputar, Justru tergolong ringan.

Tren berkendara

M6 tersedia Tren berkendara Normal, Sport dan Eco. Bagi dapat merasakan Tren itu bisa mengoperasikan tuas transmisi yang berada Ke konsol Di.

Perbedaan memang terasa cukup signifikan Untuk masing-masing Tren berkendara.

BYD M6 menggunakan Kendaraan Bermotor Roda Dua tipe AC Permanent Magnet Synchronous Kendaraan Bermotor Roda Dua atau Kendaraan Bermotor Roda Dua listrik tunggal Bagi menggerakkan kedua roda Didepan.

Varian Standard Memiliki tenaga 120 kW (160 hp), dan varian Superior 7 seater dan Superior Captain Seat Memiliki tenaga 150 kW. Ketiga varian Memiliki torsi hingga 310 Nm.




Suasana stand kendaraan BYD saat pameran automotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu, 17 Juli 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)Karakter suspensinya sangat berbeda Di suspensi MPV Ke rentan harga yang sama. Ini terasa begitu melewati speed trap Di ketinggian dan kerapatan yang sudah disesuaikan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Bantingan suspensi

Ke area uji coba yang sangat terbatas tersedia obstacle seperti radius putar hingga dan speed trap. Bagi radius putar sangat baik dan asyik Bagi diajak Ke jalur perkotaan.

Ada yang Menarik Perhatian perhatian Untuk BYD M6 satu ini. Karakter suspensinya sangat berbeda Di suspensi MPV Ke rentan harga yang sama. Ini terasa begitu melewati speed trap Di ketinggian dan kerapatan yang sudah disesuaikan. Suspensinya mengayun lembut, Justru menurut saya terlalu empuk.

Padahal saya bersama satu orang teman sebagai penumpang, dan bayangkan bila seluruh Sofa terisi penuh, belum termasuk Produk bawaan. Situasi ini tidak nyaman dan bisa mengganggu kestabilan berkendara.

Kesimpulan

Untuk uji coba singkat ini saya bisa menyimpulkan BYD M6 sangat fungsional dan layak dimiliki. M6 berhasil Memberi impresi berkendara yang nyaman dan aman.

Bagi fitur yang ditawarkan juga sangat mengerti kebutuhan konsumen Ke Indonesia. Hanya saja harga murah yang ditawarkan jangan sampai dicap murahan Untuk sisi Mutu produk dan layanan purna jual.

[Gambas:Video CNN]

(mik)




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Rasa Mengemudi MPV Listrik Murah BYD M6