Sesudah Makan Nanas Lidah Kok Gatal Ya? Ternyata Ini Penyebabnya


Jakarta

Nanas diketahui Memiliki rasa asam manis yang menyegarkan. Meski begitu ada juga efek sampingnya, yaitu membuat lidah terasa gatal Sesudah mengunyahnya. Ternyata Lantaran hal ini.

Nanas merupakan buah tropis yang Memiliki rasa asam manis Bersama sensasi menyegarkan. Hal ini dikarenakan buah nanas menyimpan banyak air, mengandung gula dan serat.

Dilansir Di The Sun (11/9), buah nanas diketahui mengandung banyak manfaat Untuk tubuh Lantaran adanya kandungan vitamin C. Akan Tetapi, menyantap buah nanas juga bisa meninggalkan efek kurang nyaman.


Salah satu efek Di Di mengonsumsi nanas adalah lidah terasa gatal. Malahan, Untuk sebagian orang ini terasa menyakitkan.

makan nanas bikin lidah gatal Foto: Getty Images/iStockphoto

Di sebuah unggahan Di TikTok, Pendukung sains Di SF Microscopy menjelaskan apa yang ada Di balik perasaan tak nyaman itu. Mereka melakukan Eksperimen Bersama meletakkan nanas Di bawah mikroskop.

“Itu Lantaran kita ditusuk Dari ribuan ‘jarum kecil’ yang disebut sebagai raphides,” penjelasan Di video tersebut.

Jarum kecil yang dimaksud Dari sang kreator konten itu dapat menimbulkan sensasi tertusuk Di Di mulut. Tentu saja, Lantaran ‘jarum’ ini sangat kecil maka bisa menimbulkan efek iritasi.

“Kristal kalsium oksalat ini melubangi membran sel dan menyebabkan iritasi,” ungkap kreator konten Di videonya.

Sebuah studi Di McGill University menjelaskan bahwa ‘jarum’ itu adalah raphida yang mengandung kristal tidak larut. Raphida itu adalah mekanisme Lini Dibelakang herbivora yang Berencana menyerang balik jika tanaman tersebut rusak.

Dari Sebab Itu, getah Di buah itu Berencana memicu adanya kristal dan menusuk predatornya, kebetulan adalah manusia. Tusukan-tusukan kecil inilah yang menyebabkan gatal dan perih Di Di area lidah.

Mengutip Delish, hal ini juga dapat disebabkan kandungan enzim bromelain Di nanas. Bromelain ini Memiliki kemampuan memecah protein yang dapat membuat mulut terasa perih dan terluka Di mengonsumsi nanas.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sesudah Makan Nanas Lidah Kok Gatal Ya? Ternyata Ini Penyebabnya