Kemenkes Tegaskan Suntik Imunisasi Imunisasi Ganda Tidak Sebabkan Kematian Langsung Di Bayi

Tindak Kejahatan kematian bayi asal Sukabumi, Jawa Barat, pasca melakukan imunisasi 4 Imunisasi sekaligus belum lama ini membuat Komunitas khawatir. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA – Tindak Kejahatan kematian bayi asal Sukabumi, Jawa Barat, pasca melakukan imunisasi 4 Imunisasi sekaligus belum lama ini membuat Komunitas khawatir. Banyak yang bertanya-tanya, apakah imunisasi atau Imunisasi berkali-kali bisa menyebabkan efek Di berat hingga kematian?

Ketua Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas PP KIPI) Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari meluruskan Yang Berhubungan Bersama hal ini agar Komunitas tidak salah kaprah. Prof. Hindra menegaskan, imunisasi tidak dapat menyebabkan kematian dan direkomendasikan Dari tahun 2003.

“Hampir semua Imunisasi dapat diberikan secara ganda. Pemberian lebih Bersama 3 jenis antigen tidak Berencana menyebabkan kematian,” ujar Prof. Hindra, dikutip Bersama keterangan resmi Kementerian Keadaan RI, Minggu (30/6/2024).

“Kombinasi apa pun Di Umumnya tepat Sebagai dilakukan. Efek yang timbul umumnya ringan, berlangsung singkat dan sembuh Bersama atau tanpa Terapi,” lanjutnya.

Yang Berhubungan Bersama efek imunisasi yang berkaitan Bersama kematian, Prof. Hindra menyebut, terdapat Kepuasan KIPI berat yang dinamakan syok anafilaktik. Reaksi anafilaktik akibat Imunisasi sangat jarang terjadi.

KIPI berat yaitu Menunjukkan Tanda yang parah dan biasanya tidak berlangsung lama seperti kecacatan, syok anafilaktik, dan alergi. Syok anafilaktik membutuhkan pertolongan yang cepat dan tepat.

“KIPI berat imunisasi adalah syok anafilaktik yang timbul 30 menit Setelahnya imunisasi,” terangnya.

Prof.Hindra menambahkan, syok anafilaktik Setelahnya imunisasi sangat jarang terjadi.

“Tindak Kejahatan anafilaktik sangat jarang terjadi dan mayoritas dapat menyebabkan kematian segera Setelahnya pemberian imunisasi, biasanya Di 30 menit pertama,” ungkapnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kemenkes Tegaskan Suntik Imunisasi Imunisasi Ganda Tidak Sebabkan Kematian Langsung Di Bayi