Testis si Kecil Nggak Turun-turun, Harus Bagaimana?


Jakarta

Normalnya posisi testis berada Ke kantong zakar atau skrotum yakni Ke bawah penis. Akan Tetapi Ke undescended testis (UDT), testis tidak turun Di posisi tersebut dan menyebabkan berbagai dampak Keadaan.

Menurut urolog Untuk Puskesmas Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Putu Angga Risky Raharja, SpU, FICS, testis Ke awalnya memang berkembang Ke rongga perut. Sebelumnya atau Di bayi laki-laki dilahirkan, testis Akansegera turun Di posisi yang seharusnya.

Beberapa anak Merasakan Kemakmuran UDT yang membuat proses turunnya testis terganggu. Sebab, salah satu atau kedua testis tidak turun, tertahan Ke selangkangan atau Malahan tetap berada Ke rongga perut.


Apakah mengkhawatirkan? Jika bayi laki-laki terlahir Didalam testis yang tidak teraba, maka biasanya Praktisi Medis Akansegera melakukan observasi.

“Bisa ditunggu sampai usia 6 bulan. Tapi kalau Sesudah usia 6 bulan testisnya belum turun, kemungkinan besar tidak Akansegera bisa turun kalau tidak ada intervensi pembedahan,” kata dr Angga.

Batas usia 6 bulan biasanya menjadi patokan apakah si kecil butuh intervensi atau tidak. Jika memang membutuhkan operasi, maka Akansegera dilakukan Sebelumnya usia 12 bulan.

“Tidak ada manfaatnya kita menunggu usianya lebih besar lagi, kalau sudah 6 bulan belum turun sebaiknya lakukan tindakan pembedahan,” jelas dr Angga.

Bagaimana memperbaikinya? Menurut dr Angga, tindakan yang dilakukan Akansegera menyesuaikan hasil observasi. Jika testis masih berada Ke rongga perut, maka Praktisi Medis Akansegera melakukan operasi Didalam laparoskopi.

“Kalau memang sudah Ke selangkangan, artinya sudah teraba, biasanya Didalam penurunan biasa atau operasi terbuka,” jelasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Testis si Kecil Nggak Turun-turun, Harus Bagaimana?