Selain Sambal Matah, Ini 5 Sambal Tradisional khas Bali

Jakarta

Sambal khas Bali tak melulu sambal matah, tetapi ada juga sambal tradisional lainnya yang tak kalah enak dan pedas. Cara membuatnya juga mudah.

Sambal matah khas Bali Memperoleh cita rasa pedas dan menyegarkan. Sambal ini populer hingga Ke berbagai Lokasi Di Indonesia. Sambal ini cocok Dari Sebab Itu pendamping lauk makan.

Selain sambal matah, Bali juga punya racikan sambal tradisional lainnya yang tak kalah enak dan pedas. Mulai dar sambal sere tabia hingga sambal nyuh.


Berikut 5 sambal khas Bali yang mudah dibuat:

1. Sambal Matah Kecombrang

Sambal khas Bali ini Di dasarnya adalah sambal matah yang ditambahkan kecombrang. Tambahan bunga kecombrang membuat sambal matah terasa lebih segar.

Biasanya sambal matah kecombrang ini Dari Sebab Itu pelengkap nasi campur atau lauk goreng maupun bakar. Cara membuatnya pun mudah.

Masukkan bahan-bahan, seperti bawang merah, bawang putih, bunga kecombrang, cabai rawit, serai, daun jeruk, air jeruk nipis, dan garam Di mangkuk.

Lalu, panaskan Energi kelapa secukupnya. Lalu, tuang Ke Di Mangkok berisi irisan bahan-bahan yang telah disiapkan. Diamkan Di 30 menit hingga meresap. Terbaru sambal matah kecombrang bisa disantap.

2. Sambal Nyuh

Sambal nyuh merupakan sambal khas Bali Barat, tepatnya Di Lokasi Jembrana. Umumnya, sambal ini disajikan Didalam engseb-engseban atau aneka sayuran rebus.

Mulai Di timun, wortel, daun semanggi, bayam, dan labu siam. Sambal ini terbuat Di kelapa, bawang merah, bawang putih, seres, cabai merah, rawit, kencur, terasi, dan garam.

Beberapa bahan kecuali sereh, terasi, dan garam dipanggang sampai warnanya kecoklatan. Lalu, ulek kasar kelapa. Lalu, tambahkan bahan-bahan lainnya Bagi diulek bersama.

Sambal khas Bali ada Di halaman Lanjutnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Selain Sambal Matah, Ini 5 Sambal Tradisional khas Bali