Cara Lihat Data Bocor Hingga Dark Web Lewat Gmail, Gratis!

Cara lihat data bocor Hingga dark web lewat Gmail penting diketahui. Foto: ist

JAKARTA – Kebocoran data Di menjadi Topik hangat Sesudah Pusat Data Nasional Sambil Itu (PDNS) 2 Hingga Surabaya, Jawa Timur, terserang ransomware Brainchiper. Setidaknya ada 282 kementerian/lembaga yang menyimpan datanya Hingga PDNS 2.

Di sebab itu, penting Sebagai rutin memeriksa apakah terjadi kebocoran data Di Gadget yang digunakan.
Justru, hal tersebut bisa dilakukan Di cara mudah dan tidak berbayar alias gratis. Salah satunya adalah Di menggunakan fitur yang disediakan Di Google Melewati Gmail.

Cara cek kebocoran data diri Hingga dark web dapat dilakukan Di menggunakan Gmail atau Google Account. Akan Tetapi, perlu diketahui bahwa kebocoran data yang bisa dipantau lewat Gmail adalah data-data yang berkaitan Di e-mail Pada melakukan pendaftaran.

Data-data tersebut dapat berupa nama, jenis kelamin, tanggal lahir, akun e-mail, password e-mail, dan sebagainya. Google nantinya dapat mendeteksi data-data apa saja yang bocor dan tersebar Hingga dark web serta Inisiatif atau situs penyebab kebocorannya.

Dilansir Di situs Support Google, berikut ini cara cek kebocoran data diri Hingga dark web menggunakan Google Account atau Inisiatif Gmail:

1. Buka Gmail Melewati Inisiatif atau browser;

2. Klik “Manage Show Google Account” atau “Kelola Akun Google Anda”;

3. Lanjutkan Di menekan Dibagian “Security” atau “Keselamatan”;

4. Tarik Hingga bawah lalu tekan “See if your email address is on the dark web” atau “Lihat apakah alamat email Anda ada Hingga dark web”;

5. Klik “Run Scan” atau “Jalankan Pemindaian”;

6. Nantinya bakal tertera keterangan apakah nama, tanggal lahir, alamat e-mail, dan data diri lainnya tersebar Hingga dark web atau tidak.

Apabila sudah diketahui bahwa data diri tersebut bocor, User sangat disarankan Sebagai mengganti password e-mail dan seluruh akun yang bertaut Di e-mail. Di Itu, hindari penyeragaman seluruh pssword akun e-mail, media sosial, atau akun lainnya.

Google juga Berencana menyarankan melakukan pengamanan Di menerapkan fitur verifikasi 2 langkah. Cara tersebut diyakini dapat mempersulit peretas Di Memutuskan data yang nantinya bisa dipersalahgunakan.

(dan)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Cara Lihat Data Bocor Hingga Dark Web Lewat Gmail, Gratis!