Menpan RB Beberkan 3 Skema Pemindahan ASN Ke IKN

Menpan RB, Azwar Anas menyebut bahwa skema-skema pemindahan aparatur sipil Bangsa (ASN) Ke Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dimatangkan. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Pembantu Presiden Tim Menteri Pendayagunaan Aparatur Bangsa dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Azwar Anas menyebut bahwa skema-skema pemindahan aparatur sipil Bangsa (ASN) Ke Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dimatangkan.

“Alhamdulillah, skema-skema terus didetilkan. Hingga Pada Ini lancar, Bersama beberapa skema yang disiapkan. Tadi Ke Diskusi Kepala Negara memberi arahan detail, Supaya Ke Di kinerja birokrasi Ke IKN bisa optimal, Bersama Kearifan Lokal Dunia dan paradigma kerja Mutakhir yang transformatif, agile, dan adaptif, bukan hanya perpindahan fisik semata,” ujar Anas seusai Diskusi Ke Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Anas menjelaskan Sebagai mendukung kinerja pemerintah Ke IKN, alokasi SDM ASN Ke IKN dilakukan Untuk tiga cara. Pertama, pemindahan ASN Ke Ibu Kota Mutakhir Indonesia tersebut secara bertahap sesuai penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian.

“Penapisan kelembagaan ini penting, seperti disampaikan Bapak Kepala Negara tadi, Sebab Akansegera menggaransi terciptanya efektivitas dan efisiensi pemerintahan. Tadi kami sampaikan prioritas-prioritas Ke opsi 179 unit Eselon I Ke 38 K/L, 91 unit Eselon I Ke 29 K/L, dan beberapa opsi lagi,” kata Anas.

“Bagi ASN yang Akansegera pindah pertama Akansegera Memperoleh tunjangan pionir yang besarannya Lagi kami finalkan bersama Pembantu Presiden Tim Menteri Keuangan,” sambungnya.

Cara kedua, lanjut Anas, formasi khusus rekrutmen CPNS Sebagai penempatan Ke IKN. Rekrutmen CPNS tersebut Akansegera diumumkan terbuka Untuk waktu tidak lama lagi. Ke tahap pertama, berdasarkan perincian formasi bersama Badan Kepegawaian Bangsa (BKN), terdapat 40.021 formasi CPNS Ke instansi pusat yang dialokasikan Sebagai penempatan Ke IKN.

“Dari Sebab Itu rekrutmen Mutakhir itu Akansegera menjadi pegawai instansi pusat yang ditempatkan Ke unit kerja yang berlokasi Ke IKN. Sebagai contoh, Kementerian Kesejaganan tahun ini merekrut sekian CPNS, dan Pak Menkes sudah Membagikan Sebagai IKN. Dari Sebab Itu selain penempatan Ke unit kerja Kemenkes Ke berbagai Daerah, Ke IKN secara khusus juga sudah dihitung alokasinya,” jelasnya.

Secara khusus, kata Anas, Bersama 40.021 formasi CPNS penempatan IKN tersebut, pemerintah Akansegera Menyediakan afirmasi sebesar 5% Sebagai putra-putri terbaik Kalimantan Timur.

“Ini menjadi kesempatan Bagi putra-putri Kaltim Sebagai terlibat dan mendedikasikan kemampuan terbaiknya Bagi bangsa, salah satunya Melewati IKN,” kata Anas.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Menpan RB Beberkan 3 Skema Pemindahan ASN Ke IKN