Data Apa Saja Harus Dibawa Di Bikin SIM Pakai BPJS?


Sejumlah dokumen harus disiapkan Sebagai memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) selain menyertai kartu BPJS Kesejaganan.

Situasi ini berkenaan Didalam diwajibkannya individu yang hendak memperpanjang SIM A, B dan C Di uji coba yang efektif mulai 1 Juli hingga 30- September 2024.

Uji coba perpanjangan SIM pakai BPJS Kesejaganan ini diterapkan Ke tujuh Daerah Provinsi yaitu Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini berdasarkan Peraturan Kepolisian Bangsa Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023, atas perubahan Peraturan Kepolisan Bangsa Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 mengenai Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Regulasi ini adalah tindak lanjut Didalam Instruksi Ri (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Langkah Jaminan Sosial Kesejaganan Nasional. Tujuannya Sebagai Meningkatkan jumlah User JKN.

Di ini, Di 63 juta Didalam 270,4 juta peserta tercatat Memperoleh status JKN yang tidak aktif.

Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Heru Sutopo menjelaskan bukti keikutsertaan BPJS Kesejaganan yang dicek pertama kali Dari petugas pembuatan SIM Ke seluruh Satpas Ke Polda Daerah.

“Pertama Bagi yang sudah memilikinya bisa mengeceknya terlebih dahulu Lewat kanal layanan WA BPJS Kesejaganan 08118165165. Bagi yang tidak melampirkan, maka pengecekan dilakukan Didalam NIK,” ujarnya kepada wartawan Ke Juni lalu.

Lanjutnya, apabila status BPJS Kesejaganan tidak aktif, proses pembuatan SIM tetap dapat dilakukan Dari Komunitas. Tetapi SIM yang dibuat tidak bisa diambil sampai nantinya peserta tersebut mengaktifkan BPJS.

Ia menjelaskan nantinya Komunitas Berencana diminta Sebagai Menunjukkan nomor Virtual Account (VA) pendaftaran atau bukti bayar lunas atau bukti ikut Langkah rehab/cicilan iuran BPJS.

Tetapi memperpanjang SIM tidak hanya diperlukan BPJS Kesejaganan saja. Sejumlah data juga wajib disertakan Sebagai melanjutkan prosesnya.

Berikut ini syarat-syarat yang harus dilengkapi Setelahnya proses pengecekan BPJS Kesejaganan selesai:

Syarat perpanjangan SIM

– Melampirkan SIM lama Didalam fotokopinya

– Melampirkan KTP dan fotokopi

– Surat keterangan sehat Didalam Ahli Kebugaran yang bermitra Didalam Satpas tersedia pula Didalam lakukan tes Kesejaganan Ke Satpas, Simling, atau SIM corner. Sebagai perpanjangan SIM secara daring, surat keterangan sehat bisa diperoleh Lewat situs atau Langkah e-Rikkes.

– Surat keterangan lulus tes psikologi Setelahnya ikuti uji tes secara langsung Ke Satpas, SIM Corner, atau Kendaraan Pribadi Simling. Tes psikologi dapat dilakukan Didalam daring ePPsi SIM atau Langkah ePPSi SIM.

[Gambas:Video CNN]




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Data Apa Saja Harus Dibawa Di Bikin SIM Pakai BPJS?