Bisnis  

Taksi Terbang Bersiap Uji Coba Di IKN, Kemenhub: Perlu Kajian

Taksi terbang bersiap melakukan uji coba Di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sekaligus menjadi rangkaian agenda penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI Hingga-79 Di IKN. Foto/Dok

JAKARTATaksi terbang bersiap melakukan uji coba Di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sekaligus menjadi rangkaian agenda penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI Hingga-79 Di IKN.Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Capt. Sigit Hani Hadiyanto mengatakan, Wacana uji coba taksi terbang Di IKN itu nantinya tidak Akansegera terbang terlalu tinggi Agar tidak mengganggu ruang udara Di IKN sendiri.

“Bersama Sebab Itu pihak penyedia atau apapun operatornya (taksi terbang) Akansegera menggunakan ruang udara yang tidak bersinggungan Bersama ruang udara Sebagai pesawat udara berawak, itu bisa dilakukan,” ujar Sigit Di ditemui Di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Agar nantinya, pemanfaatan ruang udara yang digunakan Sebagai pesawat komersial Akansegera dipisahkan Bersama pengoperasian uji coba taksi terbang yang juga Akansegera dilaksanakan Di IKN. Sebab hingga Di ini Di Indonesia sendiri belum ada regulasi yang mengatur soal operasi taksi terbang sebagai moda transportasi Terbaru.

“Secara prinsip, Di ini policynya Kementerian Perhubungan kalau Yang Terkait Bersama Bersama wahana udara tidak berawak atau UAM atau taksi terbang atau apapun adalah menggunakan mekanisme antisipasi segregated,” sambungnya.

Agar pengoperasian taksi terbang Di IKN Hingga Di Ini hanya sebatas pameran Konsep dan uji coba. Sedangkan Sebagai komersialisasi masih memerlukan kajian mendalam, utamanya soal pemanfaatan ruang udara Sebelumnya sudah terisi Bersama penerbangan-penerbangan komersil.

“Tentunya perlu kajian yang komprehensif mengenai hal tersebut Sebab Konsep taksi terbang ini juga satu hal yang masih dicermati Di seluruh dunia. ICAO (International Civil Aviation Organization) sebagai penjuru regulasi penerbangan juga masih melakukan kajian-kajian mengenai hal itu. Bersama Sebab Itu kita juga merujuk kepada hal tersebut,” sambungnya.

Sekedar informasi tambahan, Di ini salah satu perusahaan asal Korea Selatan Di bawah perusahaan Mobil Hyundai berencana Membuat taksi terbang Di IKN. Taksi terbang berjenis Optionally Piloted Personal/Passenger Air Vehicle (OPPAV) merupakan kendaraan yang dikembangkan Bersama Korea Aerospace Research Institute (KARI) dan Mobil Hyundai Motors Company (HMC).

Moda transportasi udara Terbaru itu targetnya Akansegera masuk tahap uji coba, Akansegera Akansegera menjadi cikal bakal Pembaruan moda transportasi umum Di IKN.

Setelahnya uji coba KARI selesai, Mobil Hyundai merencanakan Sebagai mengembangkanskema Usaha Di Lewat Supernal, perusahaan Di Mobil Hyundai Kendaraan Bermotor Roda Dua Group Di Amerika Serikat yang Membuat pesawat mobilitas udara perkotaan. Pembaruan tersebut yang nantinya Akansegera dikomersialkan, serta dilanjutkan hingga Pembaruan Keahlian penerbangan autonomous.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Taksi Terbang Bersiap Uji Coba Di IKN, Kemenhub: Perlu Kajian