12 Manfaat Rebusan Daun Kelor Untuk Tubuh, Cegah Berbagai Gangguan

Jakarta

Daun kelor merupakan salah satu jenis tumbuhan yang Memperoleh banyak khasiat. Sebagai informasi, tanaman asal India ini dapat tumbuh Bersama cepat, berumur panjang, serta Konsisten Hingga cuaca panas yang ekstrim.

Pada ini, banyak Kelompok yang memanfaatkan daun kelor Untuk Kesejaganan tubuh serta mencegah berbagai Gangguan. Umumnya, daun kelor dikonsumsi Bersama cara direbus, lalu air rebusannya diminum selagi hangat.

Lantas, apa saja manfaat rebusan daun kelor Untuk tubuh? Simak pembahasannya secara lengkap Untuk artikel ini.


Kandungan Gizi Daun Kelor

Daun kelor mengandung banyak Gizi yang baik Untuk Kesejaganan. Mengutip laman Badan Eksperimen dan Pembuatan (Litbang) Kementerian Agrikultur, berikut kandungan Gizi Ke daun kelor:

  • Protein (19-29%)
  • Serat (16-24%)
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Vitamin A
  • Vitamin B (kolin)
  • Vitamin B1 (thiamine)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Sulfur
  • Asam oksalat.

Manfaat Rebusan Daun Kelor Untuk Tubuh

Daun kelor Memperoleh sejumlah khasiat Untuk tubuh. Maka Bersama itu, tumbuhan ini banyak dimanfaatkan Untuk menyembuhkan berbagai Gangguan.

Daripada penasaran, berikut manfaat rebusan daun kelor Untuk tubuh:

Manfaat yang pertama adalah dapat menurunkan kadar kolesterol Hingga Untuk tubuh. Soalnya, daun kelor mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar lemak, Mengurangi pembentukan plak aterosklerotik Hingga dinding, serta Memperbaiki jumlah kolesterol baik Hingga tubuh.

2. Mengatasi Asam Urat

Untuk penderita asam urat, disarankan Untuk mengkonsumsi air rebusan daun kelor. Sebab, kandungan flavonoid, tanin, dan alkaloid Untuk daun kelor mampu menurunkan kadar asam urat Hingga Untuk tubuh.

Hingga Di Itu, sifat antiinflamasi Ke daun kelor juga dapat mengatasi nyeri, pegal linu, hingga rematik. Cocok Untuk orang-orang yang badannya mudah terasa pegal.

3. Mencegah Gangguan Ginjal

Masalah Ke ginjal bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Nah, salah satu cara Untuk mencegah gangguan Hingga ginjal adalah Bersama mengkonsumsi daun kelor.

Perlu diketahui, daun kelor mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu ginjal agar tetap sehat sekaligus berfungsi Bersama baik.

4. Meminimalisir Diabetes

Banyak orang yang tak sadar jika kadar gula Untuk darah sudah tinggi. Jika tidak segera ditangani, hal tersebut berisiko menyebabkan Gangguan diabetes.

Selain menerapkan pola Kehidupan Sehat, salah satu cara meminimalisir diabetes adalah Bersama mengkonsumsi rebusan daun kelor. Sebab, kandungan senyawa flavonoid Ke daun kelor dipercaya dapat mencegah diabetes.

5. Menjaga Fungsi Jantung Tetap Baik

Mengutip HealthifyMe, mengkonsumsi daun kelor secara rutin ternyata dapat menjaga Kesejaganan jantung.

Lewat sejumlah Eksperimen, daun kelor ternyata mampu mengontrol lipid darah dan mencegah pembentukan plak Hingga arteri, Supaya dapat menjaga Kesejaganan jantung serta Mengurangi risiko Gangguan kardiovaskular.

6. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat daun kelor berikutnya adalah dapat melawan radikal bebas yang ada Hingga Untuk tubuh. Hal ini berkat kandungan antioksidan Ke daun kelor.

Sedikit informasi, radikal bebas dapat menyebabkan Tekanan oksidatif yang berkaitan Bersama Gangguan kronis, seperti Gangguan jantung dan diabetes.

7. Menjaga Fungsi Hati

Selain jantung, daun kelor juga dipercaya dapat menjaga fungsi hati tetap baik. Hingga Di Itu, tumbuhan ini juga dapat mempercepat perbaikan sel hati dan melindungi tubuh Bersama kerusakan oksidatif Ke hati.

Misalnya, mengkonsumsi daun kelor Untuk penderita tuberkulosis dapat Mengurangi efek negatif Bersama Terapi anti-tuberkulosis.

8. Mengobat Edema

Dikutip Bersama Medical News Today, daun kelor diyakini dapat mengobat edema. Untuk yang belum tahu, edema adalah Situasi ketika terjadi penumpukan cairan Untuk jaringan tubuh, biasanya terdapat Hingga kaki atau tangan. Sifat antiinflamasi Untuk daun kelor juga dipercaya dapat mengobati edema.

9. Mencegah Risiko Kanker

Daun kelor mengandung senyawa antikanker, yakni glukosinolat, niazimicin, dan benzil isotiosianat. Beberapa studi Menunjukkan, senyawa benzil isotiosianat dapat membunuh spesies oksigen reaktif (ROS) intraseluler.

Senyawa tersebut yang membuat daun kelor sangat baik dikonsumsi Untuk mencegah risiko kanker. Tetapi, masih perlu dilakukan Eksperimen Bersama Detail Untuk membuktikan hal tersebut.

10. Menjaga Kesejaganan Prostat

Daun kelor mengandung belerang atau glukosinolat yang mampu menghambat Perkembangan sel kanker prostat Ke pria. Tak hanya itu, ekstrak daun kelor juga dapat Mengurangi kadar antigen spesifik prostat, yakni protein yang diproduksi Bersama kelenjar prostat.

Memperoleh berat badan berlebih tentu tidak baik Untuk Kesejaganan. Selain Bersama Latihan, disarankan Untuk mengkonsumsi rebusan daun kelor agar berat badan bisa turun.

Soalnya, daun kelor diyakini dapat Mengurangi pembentukan lemak dan Memperbaiki pemecahan lemak Hingga tubuh. Tapi, imbangi juga Bersama menjaga pola makan sehat, tidur teratur, dan minimal Latihan dua kali Untuk seminggu.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) jika tidak segera ditangani maka berisiko menyebabkan Gangguan komplikasi, seperti jantung, ginjal, hingga stroke. Untuk mencegah hipertensi, kamu bisa mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

Sebab, kandungan thiocarbamate, glikosida, dan nitrile Hingga Untuk daun kelor dapat menurunkan tekanan darah tinggi, Supaya tumbuhan ini cocok dikonsumsi Untuk kamu yang mengidap hipertensi.

Cara Merebus Daun Kelor Bersama Benar

Merebus daun kelor tidak bisa sembarangan. Sebab, dikhawatirkan kandungan Gizi Ke daun kelor justru menghilang Sebab direbus Untuk waktu terlalu lama.

Mengutip Literatur Imbang Herba Nusantara Herbal Jawa Bersama Ibunda Suparni, dkk, berikut cara merebus daun kelor Bersama benar:

  1. Ambil Di 50 gram daun kelor, cuci hingga bersih
  2. Lalu rebus daun kelor sampai mendidih
  3. Jika sudah, saring rebusan daun kelor Bersama saringan
  4. Tambahkan madu jika ingin Memberi rasa manis
  5. Sesudah itu aduk hingga merat
  6. Minum rebusan daun kelor selagi hangat.

Agar bisa merasakan khasiatnya, disarankan meminum rebusan daun kelor setiap pagi dan malam hari.

Demikian 12 manfaat rebusan daun kelor Untuk tubuh serta cara merebus daun kelor yang benar. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 12 Manfaat Rebusan Daun Kelor Untuk Tubuh, Cegah Berbagai Gangguan