Mahfud MD Sarankan Parpol Usung Kandidat Kepala Daerah yang Bermoral

Pakar Hukum Tata Negeri Mahfud MD menyarankan agar partai-Lembaga Perwakilan Rakyat mengusung Kandidat kepala Daerah yang tidak hanya Memiliki elektabilitas, tapi juga bermoral. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Pakar Hukum Tata Negeri Mahfud MD menyarankan agar partai-Lembaga Perwakilan Rakyat mengusung Kandidat kepala Daerah yang tidak hanya Memiliki elektabilitas, tapi juga bermoral.

“Sebab konteksnya Pemilihan Umum Lokal, ya pilihlah mereka yang punya elektabilitas tapi juga punya moralitas, jangan hanya elektabilitas,” kata Mahfud Pada menjadi pemateri Pelatihan Regu Pemenangan Daerah PDI Perjuangan (PDIP), Selasa (2/7/2024).

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) itu menilai, memilih Kandidat pemimpin tidak hanya dilihat Bersama elektabilitasnya saja. Sebab, Pengalaman Hidup sudah mengajarkan banyak yang akhirnya tertipu jika cuma memilih Kandidat Sebab itu.

Mahfud mengingatkan, sekalipun Kandidat itu Memiliki elektabilitas tinggi bisa pula tergerus jika dicarikan pembanding yang kuat. Pembantu Pemimpin Negara Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keselamatan (Menko Polhukam) periode 2019-2024 itu menekankan, elektabilitas dan moralitas itu harus menjadi modal utama Kandidat.

“Itu yang saudara harus lakukan, Regu pemenangan Bersama sekarang, jangan juga misalnya membiarkan orang, wah ini teman kita, ini ambisi, ini bagus, dilihat moralitasnya bagaimana, moralitasnya bagaimana, dua-duanya itu kumulatif,” katanya.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013 itu menilai, berbahaya Untuk rakyat kita partai-partai cuma memilih berdasadkan elektabilitas. Pun jika partai-partai cuma mementingkan moralitas Sebab tentu Berencana sulit memenangkannya.

“Bukan wah kita yang elektabilitas saja, itu berbahaya, tapi yang moralitas saja itu juga tidak Berencana terpilih, Bersama sebabnya itu dua-duanya itu,” kata Mahfud.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Mahfud MD Sarankan Parpol Usung Kandidat Kepala Daerah yang Bermoral