Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Ke Sejumlah Perairan

BMKG Menerbitkan peringatan dini gelombang tinggi yang Berpotensi Sebagai terjadi Ke beberapa Area perairan Ke 3 hingga 4 Juli 2024. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Menerbitkan peringatan dini gelombang tinggi yang Berpotensi Sebagai terjadi Ke beberapa Area perairan Ke 3 hingga 4 Juli 2024.

Menurut BMKG, hal ini dipengaruhi Dari adanya pola angin Ke Area Indonesia Pada utara umumnya bergerak Untuk Tenggara – Barat Daya Di Kelajuan angin berkisar 4 – 15 knot, sedangkan Ke Area Indonesia Pada selatan umumnya bergerak Untuk Timur – Tenggara Di Kelajuan angin berkisar 8 – 30 knot. “Kelajuan angin tertinggi terpantau Ke Selat Makassar Pada selatan,” tulis BMKG, Rabu (3/7/2024).

Situasi tersebut, kata BMKG, menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25 – 2,5 meter berpeluang terjadi Ke perairan utara Sabang, perairan barat Aceh – Kep. Mentawai, Samudra Hindia Barat Aceh – Kep. Mentawai, Selat Sunda Pada barat dan selatan, Selat Karimata, Laut Natuna Utara, Laut Jawa.

Lalu Ke Laut Bali, Selat Bali – Lombok – Alas – Sape Pada selatan, Selat Sumba Pada barat, Laut Sawu, Laut Flores Pada timur, perairan P. Buru, Teluk Tolo, perairan Banggai, perairan Wakatobi, Laut Seram Pada timur, perairan Kep. Sermata – Kep. Tanimbar, perairan selatan Kep. Kai – Kep. Aru, Laut Banda, Laut Arafuru.

Ke Samping Itu, terjadi peningkatan gelombang tinggi 2.5 – 4.0 Meter yang berpeluang terjadi Ke perairan Bengkulu – P. Enggano, perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Bengkulu – Lampung, perairan selatan Banten – NTT, Samudra Hindia Selatan Banten – NTB.

BMKG mengimbau potensi gelombang tinggi Ke beberapa Area tersebut dapat berisiko Pada keselamatan pelayaran. Sebagai itu, Komunitas diimbau selalu waspada, terutama Bagi nelayan yang beraktivitas Di moda transportasi seperti perahu nelayan (Kelajuan angin lebih Untuk 15 knot dan tinggi gelombang Ke atas 1,25 m).

Lanjutnya, Kapal Tongkang (Kelajuan angin lebih Untuk 16 knot dan tinggi gelombang Ke atas 1,5 m), Kapal Ferry (Kelajuan angin lebih Untuk 21 knot dan tinggi gelombang Ke atas 2,5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kelajuan angin lebih Untuk 27 knot dan tinggi gelombang Ke atas 4,0 m).

“Dimohon kepada Komunitas yang tinggal dan beraktivitas Ke pesisir Di area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbaunya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Ke Sejumlah Perairan