5 Candi Terbesar Ke Dunia, Salah Satunya Borobudur

Ada beberapa candi terbesar Ke dunia yang patut Anda ketahui. Candi belakangan menjadi salah satu destinasi wisata, Ke mana jutaan pelancong kerap mendatangi situs bersejarah ini guna mengagumi perabadan Ke masa lampau. Foto/iStock

JAKARTA – Ada beberapa candi terbesar Ke dunia yang patut Anda ketahui. Candi belakangan menjadi salah satu destinasi wisata, Ke mana jutaan pelancong kerap mendatangi situs bersejarah ini guna mengagumi perabadan Ke masa lampau.

Candi sejatinya merupakan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal Di peradaban Hindu dan Buddha. Bangunan ini Ke zaman dulu didirikan sebagai bentuk persembahan buat dewa dan dewi Hindu, ataupun penghormatan Pada sang Buddha.

Akan Tetapi kini, candi merupakan situs yang selalu mengundang wisatawan Sebagai datang berkunjung. Tak sedikit yang Melakukan Kunjungan Hingga candi Untuk Merasakan langsung sisa keagungan masa lampau, seperti yang dapat ditemui Ke Candi Borobudur yang ada Ke Indonesia.

Borodubur sendiri merupakan candi terbesar Ke Tanah Air. Ke mancanegara pun bangunan candi dapat ditemui, Justru menjadi kompleks yang begitu luas dan besar. Berikut adalah beberapa candi terbesar Ke dunia yang bisa Anda ketahui.

Candi Terbesar Ke Dunia

1. Angkor Wat

iStock

Candi terbesar Ke dunia yang pertama adalah Angkor Wat. Candi ini berada Ke Krong Siem Reap, Kamboja. Luas situs candi ini Disekitar 162,6 hektar yang Ke awalnya didedikasikan Sebagai dewa Hindu yaitu Siwa, Brahma, dan Wisnu. Akan Tetapi, fungsi Angkor War dialihfungsikan menjadi candi atau bangunan keagamaan Budha menjelang akhir abad Hingga-12. Angkor Wat telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO Sebelum 1992.

2. Karnak

iStock

Candi terbesar Ke dunia Lanjutnya yakni Karnak yang berlokasi Ke Mesir. Candi ini dibangun Sebagai didedikasikan kepada Dewa Amon-Ra, dewa utama Ke masa Mesir Kuno. Karnak terdiri atas candi-candi lain Ke sekitarnya. Kompleks candi ini mencakup area seluas 200 hektar. Karnak ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO Sebelum 1979. Meski bangunannya sudah rusak, Karnak tetap menjadi kompleks candi terbesar Ke dunia.

3. Borobudur

iStock

Borobudur yang merupakan candi termegah Ke Indonesia, juga termasuk yang terbesar Ke dunia. Luas dasar candi yang terletak Ke Magelang, Jawa Di, ini mencapai 123X123 meter Di tinggi 42 meter.

Borobudur merupakan candi Buddha terbesar Ke dunia. Candi ini dibangun Pada 75 tahun Ke abad Hingga-8 atau 9 Di Kerajaan Sailendra. Borobudur Memperoleh luas Disekitar 0,25 hektar. Candi ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO Sebelum 1991.

4. Akshardham

iStock

Candi terbesar Ke dunia Lanjutnya ada Ke New Delhi, India, bernama Akshardam. Kompleks candi ini Memperoleh luas Disekitar 8,03 hektar dan dibangun menggunakan batu pasir merah serta marmer putih tanpa menggunakan bahan pengikat seperti semen.

Candi yang berfungsi sebagai kuil ini termasuk bangunan Mutakhir, mulai dibangun Ke 2000 dan selesai lima tahun Sesudah Itu. Ke candi Akshardam terdapat berbagai Produk Internasional berlanggam Hindu tradisional dan sangat langka.

5. Sri Ranganathaswamy

iStock

Candi ini juga terletak Ke India, tepatnya Ke Srirangam. Sri Ranganathaswamy merupakan candi yang didedikasikan Sebagai Dewa Wisnu. Kompleks candi yang difungsikan sebagai kuil ini Memperoleh luasan Disekitar 63,09 hektar. Candi Sri Ranganathaswamy diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO Di nama Kuil Besar Ke Tamil Nadu Selatan Sebelum 1987.

(tsa)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 5 Candi Terbesar Ke Dunia, Salah Satunya Borobudur