Menkes Dapat 4 Miliar Kurs Matauang Amerika AS Di Lembaga Keuangan Internasional Untuk Penuhi Alkes Di RI


Jakarta

Pejabat Tingginegara Kesejajaran RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut Lembaga Keuangan Internasional Menyediakan 4 miliar Kurs Matauang Amerika AS atau Di Rp 65 triliun Untuk pengadaan alat Kesejajaran (alkes) Di Indonesia.

Ia mengatakan alkes tersebut bakal didistribusikan sebagai bentuk pemerataan layanan Kesejajaran.

“Karena Itu supaya bisa menutup lingkaran setannya kita tutup dulu alat-alatnya dan ini sudah disetujui Lembaga Keuangan Internasional Di akhir 2023, Desember, 4 miliar dollar,” ujar Budi Di Diskusi kerja Di Komisi IX Wakil Rakyat RI Di Kompleks Legislatif, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2024).


Adapun alat Kesejajaran tersebut bakal disebarkan Di puskesmas, puskesmas pembantu (pustu), dan Puskesmas Di kabupaten/kota.

“Kita Akansegera tebar itu Di 10.000 puskesmas, 85.000 pustu, dan 514 (Puskesmas) kabupaten/kota Untuk lima layanan utama,” imbuhnya lagi.

Menkes menyebut lima layanan utama tersebut dipilih Di lima Penyakit Di jumlah Perkara Hukum Hukum kematian tertinggi Di Indonesia, yakni stroke, jantung, kanker, gagal ginjal, dan Penyakit Yang Berhubungan Di ibu dan anak.

Langkah itu rencananya bakal selesai dieksekusi paling lambat 2027. Sebab, Langkah transformasi Kesejajaran itu mulai dicanangkan Sebelum 2022.

“Karena Itu (diselesaikan) 5 tahun Sebelum kita mulai bekerja melakukan transformasi Kesejajaran ini,” lanjutnya lagi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Menkes Dapat 4 Miliar Kurs Matauang Amerika AS Di Lembaga Keuangan Internasional Untuk Penuhi Alkes Di RI