Bisnis  

Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Siap Dibangun, Nilainya Rp3,3 T

Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim Ke Provinsi Papua Pegunungan segera dibangun. FOTO/Ist

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan Penandatanganan Perjanjian Proyek Kerjasama Pemerintah Didalam Badan Usaha (KPBU) Pembangunan Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim Ke Provinsi Papua Pegunungan.

Pembantu Ri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan jalan ini telah lama dicita-citakan Sebelum era pemerintahan Ri Soeharto awal 1980-an Sebagai menghubungkan Jayapura-Wamena, terutama Sebagai Pengiriman Agar dapat Mengurangi tingkat kemahalan Barang Dagangan dan jasa.

“Saya yakin Didalam KPBU, InsyaAllah, jalan ini Akansegera segera terwujud Agar tingkat kemahalan Barang Dagangan dan jasa Ke Wamena dapat diturunkan dan Kesejaganan Ke Papua dan Papua Pegunungan dapat segera terwujud,” kata Pembantu Ri Basuki Di keterangan tertulis, Kamis (3/7/2024).

Segmen Mamberamo-Elelim sepanjang 50,14 km yang Akansegera dibangun Didalam skema KPBU ini merupakan Dibagian Di ruas Jayapura-Wamena. Lingkup pembangunan meliputi jembatan, 1 unit pelaksana penimbangan bermotor, penanganan lereng dan tebing, serta O&M Di masa layanan.

Bentuk kerjasama proyek KPBU ini adalah Design-Build- Finance-Operate-Maintenance-Pindah Didalam masa kerjasama Di 15 tahun (2 tahun masa konstruksi dan 13 tahun masa layanan) Didalam pengembalian Penanaman Modal Di Negeri Lewat skema Availability Payment (AP). Didalam nilai Penanaman Modal Di Negeri sebesar Rp3,3 triliun, proyek ini memperoleh penjaminan pemerintah Di PT PII.

Baca Juga: Diusung Perindo, Cabup Kabupaten Puncak Paniel Waker Akansegera Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

“Terima kasih atas semangat kita bersama. Selamat bekerja, dan jangan main-main Didalam KPBU ini,” tegas Basuki.

(nng)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Siap Dibangun, Nilainya Rp3,3 T