Bisnis  

IDX Carbon Prospektif, OJK Ungkap Ide Pembaruan Bursa Karbon

Deputi Komisioner Pengawas Emiten, Transaksi Efek, dan Pemeriksaan Khusus Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, Djustini Septiana Di IDX Carbon Update, Kamis (4/7/2024). Foto/Dok

JAKARTA – Pembaruan bursa karbon atau IDX Carbon terus menjadi perhatian regulator. Besarnya angka emisi karbon Di Indonesia dinilai prospektif sekaligus menjadi Kemungkinan Bagi pasar karbon Di negeri.

“Ditinjau Di sisi jumlah karbon Di Indonesia, Pembaruan bursa karbon ini masih bisa terus ditingkatkan,” kata Deputi Komisioner Pengawas Emiten, Transaksi Efek, dan Pemeriksaan Khusus Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, Djustini Septiana Di IDX Carbon Update, Kamis (4/7/2024).

Hingga Rabu (3/7) jumlah unit karbon yang tersedia Di IDX Carbon mencapai 1,34 juta ton CO2 ekuivalen, sedangkan jumlah partisipan mencapai 67 Pemakai jasa karbon, demikian menurut data Di website IDX Carbon.

Unit karbon Di IDX Carbon berbentuk Sertifikat Pengurangan Emisi Gas Tempattinggal Kaca (SPE-GRK). Melewati 2 project penurunan emisi, unit SPE-GRK Di Pasar Reguler terkelompok Di Indonesia Technology Based Solution (IDTBS).

Secara year-to-date (YTD) atau sepanjang 2024 per akhir Juni 2024, nilai perdagangan karbon Di IDX Carbon mencapai Rp5,88 miliar, Didalam volume 114.486 ton CO2 ekuivalen.Sambil Dari diluncurkan Di 26 September 2023, nilai perdagangan karbon mencapai Rp36,7 miliar, Didalam volume 608 ribu ton CO2 ekuivalen

Upaya Pembaruan IDX Carbon, terang Djustini, diharapkan dapat Memikat Pemakai jasa yang menawarkan sertifikat pengurangan karbon. Ini juga berlaku Bagi pembeli yang ingin mengoffset karbon yang dikeluarkan.

“Kami Berusaha Bagi terus menunggu beberapa inisiasi, dan mengoptimalkan Pembaruan Di pasar Di negeri,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: IDX Carbon Prospektif, OJK Ungkap Ide Pembaruan Bursa Karbon