Apakah Mata Kuning Tanda Awal Hepatitis Di Anak?

Hepatitis merupakan suatu Gangguan radang Di organ hati manusia yang dapat disebabkan Bersama banyak faktor. Salah satu yang terbanyak adalah Penyakit Menyebar Mikroba. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA – Hepatitis merupakan suatu Gangguan radang Di organ hati manusia yang dapat disebabkan Bersama banyak faktor. Salah satu yang terbanyak adalah Penyakit Menyebar Mikroba.

Mikroba yang dapat menyebabkan hepatitis terdiri Bersama Mikroba hepatitis A (HAV), Mikroba hepatitis B (HBV), Mikroba hepatitis C (HCV), Mikroba hepatitis D (HDV), dan Mikroba hepatitis E (HEV).

Banyak orang yang menganggap salah satu Tanda awal Bersama Gangguan hepatitis Di anak adalah kuning. Padahal ketika mengidap hepatitis tidak selalu gejalanya tubuh dan mata menjadi kuning.

Praktisi Medis Spesialis Konsultan Gastrohepatologi Anak dr. Ade Rachmat Yudianto, MKedPed, Sp.A(K) mengatakan, anak yang Merasakan hepatitis bisa saja tanpa Tanda mata kuning.

“Parameter hepatitis bukan mata kuning (kulit kuning). Lantaran ini radang sel hati, ada enzim yang diperiksa namanya enzim ALT (Alanine aminotransferase). Kalau nilainya lebih Bersama dua kali lipat nilai normal, maka itu hepatitis,” jelas Ade Di webinar bersama IDAI, Terbaru-Terbaru ini.

Praktisi Medis Ade menjelaskan, Tanda awal Gangguan hepatitis Di anak cenderung mirip Tanda flu. Lantaran penyebab utamanya adalah Mikroba.

“Khususnya hepatitis akibat Mikroba, cenderung mirip Tanda flu. Hepatitis akibat Mikroba atau hepatitis hepatotropik paling umum hepatitis A, B, C, D, dan E,” jelasnya.

Bersama Detail dr. Ade mengatakan, Tanda awal hepatitis Di anak bisa berupa mual, muntah, sakit perut, dan demam. Biasanya demam terjadi tidak sampai 5 hari, diawali demam Bersama suhu tidak terlalu tinggi, lalu bisa ada peningkatan suhu.

“Kalau hepatitis akibat Penyakit Menyebar Mikroba, suhu naik turun cepat. Bisa demam tinggi banget, lalu turun cepat,” ujarnya.

Bila mendapati Situasi anak seperti ini, dr. Ade menyarankan orang tua harus curiga dan segera membawanya Di Fasilitas Medis agar Memperoleh penanganan medis.

“Tanda paling umum berupa mual dan muntah, Setelahnya Itu sakit perut. Tubuh gerasa ngilu dan mata bengkak,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Apakah Mata Kuning Tanda Awal Hepatitis Di Anak?