Hujan Mulai Sering Turun, Puncak Musim Kemarau Terlewati? Tunggu Dulu, Ini Kata BMKG


Jakarta

Puncak musim kemarau Ke sebagian besar Daerah Indonesia terjadi Ke Juli hingga Agustus 2024. Akan Tetapi, Untuk rentang waktu tersebut, hujan masih terjadi Ke beberapa Daerah.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto membenarkan bahwa sebagian besar Daerah Ke Indonesia telah memasuki musim kemarau. Akan Tetapi, menurutnya perlu diluruskan meski status masuk musim kemarau, bukan berarti hujan tidak Akansegera turun sama sekali.

Hujan masih tetap Akansegera turun Walaupun intensitas curah hujan Ke bawah 50 mm per dasarian.


“Betul sebagian besar Daerah Indonesia terjadi Ke bulan Juli dan Agustus 2024 yaitu sebanyak 77,27 persen, 63,95 persen durasi musim kemarau diprediksi terjadi Di 3 hingga 15 dasarian. Meski demikian bukan berarti Untuk periode kemarau tidak ada hujan sama sekali, tetapi ada hujan meski kisaran Ke bawah 50 mm/dasariannya,” terang Guswanto Ke Jakarta, Jumat, (7/5/2024).

Prediksi BMKG Untuk sepekan Hingga Di, ada potensi peningkatan curah hujan signifikan Ke Daerah Indonesia. Data yang termonitor yakni Kegiatan Kejadian Luar Biasa Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial Ke sebagian besar Daerah Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan sebagian besar Papua.

Ke sisi lain, suhu muka laut yang hangat Ke perairan Daerah Disekitar Indonesia Menyediakan kontribusi Untuk menyediakan Situasi yang mendukung Kemajuan awan hujan signifikan Ke Daerah Indonesia.

“Kejadian Luar Biasa atmosfer inilah yang memicu terjadinya dinamika cuaca yang berakibat masih turunnya hujan Ke sebagian besar Daerah Indonesia,” imbuhnya.

Untuk kesempatan yang sama, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani mengatakan kombinasi pengaruh Kejadian Luar Biasa-Kejadian Luar Biasa cuaca tersebut diprakirakan menimbulkan potensi hujan Bersama intensitas Lagi hingga lebat, juga disertai kilat atau angin kencang Ke sebagian besar Daerah Indonesia periode 5 hingga 11 Juli 2024. Daerah yang dimaksud yaitu, Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Maluku, dan Pulau Papua.

Dirinya mengimbau kepada Komunitas Yang Berhubungan Bersama kemungkinan bencana hidrometeorologi termasuk Genangan Air, longsor, Genangan Air bandang.

Yang Berhubungan Bersama cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan hujan es yang terjadi Ke Daerah Bedahan, Sawangan, Kota Depok Ke 3 Juli lalu, disebabkan adanya awan Cumulunimbus (CB) yang terbentuk akibat daya angkat atau konvektif yang cukup kuat Ke Daerah tersebut.

Proses hujan diawali Bersama kondensasi uap air teramat dingin melewati atmosfer Ke lapisan atas level beku. Es yang terbentuk umumnya Memiliki ukuran besar. Ke Pada kumpulan es yang besar Ke atmosfer turun Hingga area lebih rendah dan hangat, maka terjadi hujan. Hanya saja, kadang tidak semua es Akansegera mencair sempurna dan menjadikannya hujan es, Pada suhu puncak awan CB mencapai minus 80 derajat Celcius.

“Selagi masih turun hujan, alangkah baiknya dimanfaatkan Untuk menabung air. Hemat dan menggunakan air secara bijak, supaya Memiliki cadangan air Pada Puncak Musim Kemarau Menyapu Daerah kita nantinya” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Hujan Mulai Sering Turun, Puncak Musim Kemarau Terlewati? Tunggu Dulu, Ini Kata BMKG