7 ‘Perawatan’ Alami Pelancar BAB Untuk Atasi Sembelit

Jakarta

Frekuensi buang air besar (BAB) setiap orang bervariasi. Sebagian orang buang air secara teratur dan lainnya kadang kesulitan atau Merasakan sembelit.

Dilansir Medical News Today, frekuensi buang air besar yang sehat menurut ahli sebanyak 1-3 kali per hari hingga tiga kali seminggu. Orang yang BAB kurang Didalam tiga kali sepekan bisa dibilang Merasakan sembelit.

Tak sedikit juga orang yang tidak buang air besar sampai seminggu lamanya. Kalau kamu termasuk orang yang susah BAB, jangan khawatir! Temukan Perawatan pelancar BAB alami yang aman dikonsumsi Di uraian Di bawah.


Perawatan Alami Untuk Pelancar BAB

Ada sejumlah bahan alami yang dapat bertindak sebagai ‘Perawatan pelancar BAB’. Berikut bahan alami Untuk melancarkan BAB dan mengatasi sembelit:

1. Air Putih

Kemakmuran dehidrasi, atau keadaan tubuh kekurangan cairan, dapat menyebabkan sembelit. Karenanya, penting menjaga tubuh tetap terhidrasi Didalam minum air putih. Minum cukup air bantu melunakkan tinja Supaya bisa lebih mudah dikeluarkan.

Adapun kebutuhan cairan masing-masing orang itu berbeda. Merujuk penjelasan Kementerian Kesejajaran RI, total konsumsi air putih yang direkomendasikan Untuk orang dewasa adalah 8 Gelas atau setara 2 liter per harinya.

Sebagian orang Mungkin Saja Berencana lancar BAB Setelahnya mengkonsumsi air soda. Tetapi, minuman ini Memiliki efek buruk Untuk Kesejajaran dan bisa memperparah sembelit jika dikonsumsi jangka panjang.

2. Probiotik

Probiotik mengandung bakteri usus sehat yang bisa meredakan sembelit. Bakteri baik ini bantu melunakkan feses dan Meningkatkan frekuensi buang air besar.

Probiotik juga mencegah Kemakmuran sembelit yang kronis. Sembelit kronis Di seseorang dikarenakan ketidakseimbangan bakteri Untuk ususnya Mengkonsumsi Hidangan probiotik bisa memperbanyak jumlah bakteri sehat dan mencegah susah BAB.

Sebenarnya bakteri baik ini sudah ada Di Untuk usus. Tapi jumlahnya dapat ditingkatkan mengkonsumsi probiotik, seperti yoghurt, kefir, dan kimchi.

3. Kiwi

Buah kiwi mengandung tinggi serat. Studi 2019 Menunjukkan buah ini bisa menjaga Kesejajaran sistem pencernaan. Ini artinya, kiwi dapat menjadi Perawatan pencahar alami dan yang dapat dicoba. Meski begitu, diperlukan Eksperimen Didalam Detail Untuk mengetahui efeknya.

4. Flaxseed

Flaxseed atau biji rami juga kaya Berencana serat. Secara khusus, biji-bijian ini mengandung jenis serat yang disebut serat lendir yang Berencana membentuk gel Di bercampur Didalam air.

Apabila dikonsumsi, biji rami dapat membuat tinja yang keras menjadi lebih lunak. Di Di Itu, flaxseed Berencana bertindak sebagai pencahar alami yang bantu meredakan perut sembelit.

5. Prune

Prune tergolong varietas buah plum. Buah ini biasanya diedarkan Untuk bentuk kering, tapi ada juga yang jual Kemakmuran segarnya. Prune termasuk sumber serat yang dapat dijadikan Perawatan pelancar BAB.

Selain serat, buah ini mengandung sorbitol atau gula alkohol yang Memiliki efek pencahar. Jenis gula ini dapat melewati usus Didalam cepat dan Memikat air Hingga dalamnya. Beberapa Eksperimen menemukan prune bisa lebih efektif dibandingkan serat seperti psyllium.

Tetapi, pengidap sindrom iritasi usus besar (IBS) Mungkin Saja ingin menghindari buah ini Sebab sorbitolnya dapat mengiritasi usus Di sebagian orang.

6. Minuman Kafein

Siapa sangka Minuman Kafein bisa Dari Sebab Itu ‘Perawatan’ pelancar BAB? Ya, Minuman Kafein dapat Meningkatkan keinginan Untuk buang air besar lho berkat kandungan kafeinnya. Kafein mempunyai efek pencahar dan merangsang otot-otot Di sistem pencernaan.

Minuman Kafein juga mengandung sedikit serat larut yang bantu mencegah sembelit Didalam Meningkatkan Kesejajaran bakteri usus.

Berencana tetapi, sayangnya khasiat tersebut bisa memperburuk sembelit dan diare Di pengidap sindrom iritasi usus besar. Sebab itu, orang Didalam IBS sebaiknya menghindari minuman Minuman Kafein ya.

7. Hidangan Tinggi Serat

Untuk mengobati sembelit, Praktisi Medis biasanya menyarankan Untuk Meningkatkan asupan serat. Sebab serat Berencana menaikkan jumlah dan konsistensi feses Supaya lebih mudah dikeluarkan dan melewati pencernaan lebih cepat.

Tetapi, beberapa Eksperimen Menunjukkan peningkatan asupan serat justru memperburuk sembelit. Hal ini Sebab beberapa jenis serat Memiliki efek berbeda Di pencernaan. Meski demikian, konsumsi Hidangan tinggi serat dapat dicoba Untuk memperlancar BAB.

Selain beberapa Hidangan berserat yang sudah disebutkan Sebelumnya Itu, masih banyak Hidangan lain yang juga bantu melancarkan BAB dan atasi sembelit. Berikut beberapa Hidangan tinggi serat:

  • Buah: Apel, beri, pir, jeruk
  • Sayuran: Brokoli, wortel, kacang hijau, buncis
  • Kacang: Almond, kacang tanah
  • Biji-bijian: Oatmeal, roti gandum utuh.

Nah, itu tadi sederet ‘Perawatan’ alami pelancar BAB yang bisa dicoba Untuk atasi sembelit.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 7 ‘Perawatan’ Alami Pelancar BAB Untuk Atasi Sembelit