WHO Sebut Bedak Tabur ‘Talk’ Berisiko Picu Kanker, Ini Temuan Barunya


Jakarta

Badan Internasional Sebagai Studi Kanker atau International Agency for Research on Cancer (IARC) Didalam Organisasi Kesejaganan Dunia (WHO) mengklasifikasikan ‘talk’ yang banyak ditemui Ke bedak tabur kemungkinan bersifat karsinogenik atau kanker. Pernyataan ini berdasarkan bukti terbatas yang dianalisis Ke manusia, juga hewan.

Sejumlah Studi secara konsisten Menunjukkan peningkatan Perkara Pidana Hukum kanker ovarium Ke wanita yang memakai bedak talk Ke area genital atau alat kelamin. Meski begitu, pemicunya masih belum diketahui secara jelas.

“Peranan penyebab Didalam talk belum dapat dipastikan sepenuhnya,” menurut temuan lembaga tersebut yang diterbitkan The Lancet Oncology.


IARC menyebut kontaminasi talk Didalam asbes masih menjadi kekhawatiran dan dapat menyebabkan pekerja dan Komunitas umum terpapar asbes, misalnya Melewati produk berbahan dasar bedak yang terkontaminasi, seperti penggunaan Sebagai riasan dan bedak tubuh.

Badan tersebut menekankan banyak bukti asbes memang memicu mesothelioma dan kanker paru, laring, juga ovarium Ke manusia.

“Kebanyakan orang terpapar talk Di bentuk bedak bayi atau Makeup,” menurut IARC yang berbasis Ke Lyon.

Sambil Itu Di percobaan atau uji hewan Ke tikus, talk Memperbaiki angka kejadian neoplasma ganas Ke wanita atau medula adrenal dan paru-paru, dan kombinasi neoplasma jinak dan ganas Ke pria yakni adrenal medula.

“Sesudah mengkaji secara menyeluruh literatur ilmiah yang tersedia, kelompok kerja yang terdiri Didalam 29 pakar internasional mengklasifikasikan talk sebagai kemungkinan karsinogenik Bagi manusia, berdasarkan kombinasi bukti yang terbatas Sebagai kanker Ke manusia seperti kanker ovarium, bukti yang cukup talk dapat menyebabkan kanker Ke tikus, dan bukti mekanistik yang kuat jika talk Menunjukkan tanda-tanda karsinogenik Ke sel manusia,” terang laporan IARC, Jumat (5/7/2024).

Talk menjadi mineral alami yang ditemui Ke banyak Area. Paparan talk juga terjadi Di proses pekerjaan, misalnya Ke penambangan dan penggilingan pengolahan talk, atau Pada produksi produk yang mengandung talk.

Selain Melewati riasan bedak, paparan lewat Konsumsi, Terapi-obatan, dan produk konsumen lain Bisa Jadi terjadi, Kendati hingga Di ini catatannya masih terbatas.

Dikutip Didalam Medical Xpress Kevin McConway, ahli statistik Ke Universitas Terbuka Inggris yang tidak terlibat Di Studi ini, memperingatkan evaluasi IARC, belum bisa dinyatakan sepenuhnya benar.

Badan tersebut disebutnya hanya menjawab pertanyaan apakah zat ini Berpotensi Sebagai menyebabkan kanker, Di Kemakmuran tertentu, yang tidak ditentukan Dari IARC.

“Lantaran Studi ini bersifat observasional Supaya tidak dapat membuktikan sebab akibat, tidak ada bukti pasti bahwa penggunaan bedak tabur menyebabkan peningkatan risiko kanker,” tambahnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: WHO Sebut Bedak Tabur ‘Talk’ Berisiko Picu Kanker, Ini Temuan Barunya