Tanda Kolesterol Tinggi Ternyata Bisa Terlihat Hingga Mata, Waspadai 4 Gejalanya

Jakarta

Kolesterol tinggi adalah salah satu Situasi yang perlu diwaspadai. Jika tidak Menyambut penanganan yang tepat, kolesterol tinggi bisa memicu berbagai macam Penyakit yang membahayakan nyawa.

Kolesterol sebenarnya merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh Sebagai bisa berfungsi Didalam baik. Zat ini berperan Untuk pembentukan dinding sel, produksi hormon, serta vitamin D.

Tapi jika jumlahnya terlalu tinggi, kolesterol justru dapat menyebabkan gangguan Kesejaganan. Kolesterol tinggi biasanya tidak Memperoleh Tanda-Tanda khusus, Agar sulit terdeteksi sampai memasuki tingkat yang lebih parah.


Akan Tetapi, terkadang tubuh Berencana Menunjukkan beberapa sinyal yang perlu diwaspadai Di kadar kolesterol tinggi. Salah satu tandanya dapat muncul Hingga mata.

Lantas, apa saja tanda kolesterol tinggi yang bisa muncul Hingga mata? Dikutip Didalam berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Xanthelasma

Xanthelasma palpebrarum (XP) adalah salah satu Situasi yang dapat disebabkan Dari kolesterol tinggi. Xanthelasma ditandai Didalam munculnya bintik atau plak kuning Hingga Di kelopak mata.

Situasi ini dapat disebabkan Dari tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) Hingga Untuk tubuh. Xanthelasma tidak dapat hilang Didalam sendirinya, dan sebagian besar kasusnya ditangani Didalam operasi Makeup.

2. Arcus Senilis

Arcus senilis dapat disebabkan Dari kelebihan lipid yang bocor Hingga area kornea mata. Situasi ini ditandai Didalam munculnya cincin putih, biru, atau abu-abu Hingga Di kornea.

Cincin yang muncul tersebut memang tidak memengaruhi penglihatan. Kendati demikian, orang Didalam Situasi ini sebaiknya segera memeriksakan diri Hingga Praktisi Medis Sebagai mengetahui tingkat kolesterol Untuk tubuhnya.

3. Plak Hollenhorst

Plak Hollenhorst adalah Situasi lain yang dapat disebabkan Dari kolesterol tinggi. Plak Hollenhorst terjadi ketika salah satu pembuluh darah Hingga Untuk mata Merasakan penyumbatan akibat plak. Dampaknya, aliran darah Ke mata menjadi terhambat.

Plak Hollenhorst cenderung tidak Memperoleh Tanda-Tanda yang khusus. Tapi terkadang, Situasi ini bisa menyebabkan buram atau kehilangan penglihatan sesaat Ke salah satu mata.

4. Oklusi Vena Retina

Oklusi vena retina atau Retinal Vein Occlusion (RVO) adalah penyumbatan Ke vena retina yang menyebabkan berkurangnya kepekaan mata Untuk Merasakan cahaya. Situasi ini dapat disebabkan Dari plak yang menumpuk Hingga pembuluh vena mata, Agar menyebabkan suplai darah Hingga area mata menjadi tidak optimal.

Salah satu Tanda-Tanda oklusi vena retina adalah floaters, yakni titik atau garis hitam Ke penglihatan. Penyakit ini cenderung menyerang orang berusia 50 tahun, terutama yang mengidap tekanan darah tinggi, diabetes, glaukoma, dan pengerasan pembuluh darah.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Tanda Kolesterol Tinggi Ternyata Bisa Terlihat Hingga Mata, Waspadai 4 Gejalanya