Bisnis  

Pangkat 27 Dunia, Infrastruktur Mutu Indonesia Paling Unggul Di Organisasiregional

Infrastruktur mutu Indonesia menduduki Pangkat nomor 27 dunia dan yang paling unggul Di Organisasiregional. FOTO/Ilustrasi

JAKARTA – Studi Dunia Quality Infrastructure Index (GQII) 2023 yang Terbaru dirilis Mei 2024 Menunjukkan, infrastruktur mutu Indonesia menduduki Pangkat nomor 27 Di dunia. Pangkat tersebut menempatkan Indonesia Didalam infrastruktur mutu nasional paling unggul Di Organisasiregional.

“Hasil Studi yang dirilis GQII Inisiatif tersebut tentu saja membanggakan. Akan Tetapi demikian, masih diperlukan upaya yang lebih besar Untuk Memperbaiki efektifitas peran dan fungsi infrastruktur mutu nasional Untuk mewujudkan daya saing produk Indonesia Di pasar Dunia,” ujar Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN) Donny Purnomo Di keterangan resminya, Minggu (7/7/2024).

Secara terinci, Pangkat pilar infrastruktur mutu Indonesia berdasarkan Kajian GQII 2023, Untuk bidang metrologi berada Di posisi 38. Berikutnya, Di bidang standardisasi Indonesia berada Di posisi 37, dan Di bidang akreditasi Di Pangkat 10 Didalam 185 Bangsa Di dunia.

Menurut Donny, jika dibandingkan Didalam Bangsa-Bangsa G20, infrastruktur mutu Indonesia berada Di posisi Hingga-17, selaras Didalam Pangkat PDB Indonesia yang juga berada Di posisi Hingga-17. Sambil Itu, 3 Bangsa Didalam Pangkat infrastruktur mutu nasional tertinggi Di dunia adalah Jerman Di Pangkat 1 yang mewakili Uni Eropa (UE), China Di Pangkat 2, dan Amerika Serikat (AS) Di Pangkat Hingga-3.

Donny mengatakan, hal itu juga selaras Didalam PDB ketiga Bangsa tersebut yang juga terbesar Di dunia, yaitu AS Di Pangkat 1, China Di Pangkat 2, dan UE Di Pangkat 3. “Keselarasan Pangkat ini Menunjukkan bahwa tingkat kemajuan infrastruktur mutu nasional Memiliki korelasi langsung Didalam PDB satu Bangsa,” jelasnya.

(fjo)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pangkat 27 Dunia, Infrastruktur Mutu Indonesia Paling Unggul Di Organisasiregional