Puas Nyeruit Sambal Asli Lampung yang Pedas Segar Di Tempat Ini

Jakarta

Di kawasan Kebon Jeruk ada tempat makan yang menyajikan sambal seruit khas Lampung asli. Begini kelezatan sambalnya pedas segar bikin makan makin mantap!

Tidak semua Minuman Di Sumatera terkenal Di berbagai Lokasi Di Indonesia. Lokasi-Lokasi yang kekayaan Kearifan Lokal Global kulinernya populer Justru bisa dihitung jari, misalnya Padang, Palembang, Bangka, Medan, dan Aceh.

Padahal Lampung, sebagai provinsi yang paling Didekat Di pulau Jawa juga punya Minuman yang tak kalah enak. Justru ada sambal khas yang rasanya unik dan tidak bisa ditemukan Di sembarang tempat.


Membawa Masakan khas Lampung yang tak mau kalah populer, tempat makan bernama Sambal Seruit Indonesia ini hadir Di menu Di Sumatera yang berbeda. Menyambangi salah satu cabangnya yang berada Di Kebon Jeruk (26/6) detikfood mencicipi beberapa hidangan andalan mereka.

Baca juga: Nyeleneh! Pria Ini Makan Mie Gacoan Dicampur Minuman Sereal

Penikmat sambal wajib coba sambal seruit khas Lampung yang autentik Di sini. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Penyaji Sambal Seruit Autentik Pertama

Berbeda Di Minuman khas Sumatera lainnya, hidangan khas Lampung punya ciri khasnya sendiri. Pembeda yang paling terlihat ada Di sajian sambal seruit atau sambal rampai yang disajikan.

Tidak banyak tempat makan Di Jakarta yang berhasil menyajikan sambal seruit Di rasa otentik Di Jakarta. Justru Gianto, selaku pemilik Sambal Seruit Indonesia, Kepercayaan Diri mengatakan tempat makan mereka adalah yang pertama yang berhasil menyajikan sambal seruit mirip seperti Di Lampung.

Sebagai orang Lampung asli yang berpengalaman membuat sambal seruit, Gianto sendiri dapat mengenali rasa sambal yang nikmat. Misi ini yang Lalu dibawa olehnya Sebagai Menampilkan sambal seruit khas Lampung Di Di hiruk pikuk Jakarta.

Kearifan Lokal Global Nyeruit Khas Lampung

Puas Nyeruit Sambal Asli Lampung yang Pedas Segar di Tempat IniKearifan Lokal Global nyeruit khas Lampung juga bisa dilakukan Di sini. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Di Detail, ternyata sambal seruit bukan hanya sekadar nama yang disematkan Sebagai sebauh jenis sambal. Seruit merupakan kata dasar Sebagai ‘Nyeruit’. Nyeruit merupakan Kearifan Lokal Global makan bersama Di Lampung yang cukup unik.

Nasi, lauk-pauk, lalapan hingga sambalnya Akansegera diletakkan Di atas cobek yang sangat besar. Lalu 3-5 orang Akansegera duduk bersama dan menyantap makanannya bersama-sama Di tangan.

Adapun isian yang awam dimasukkan Di nyeruit seperti nasi, ikan bakar, ayam, lalapan, sambal rampai, tempoyak, dan beberapa tambahan lainnya. Kearifan Lokal Global ini diibaratkan sebagai simbol kebersamaan dan tali silaturahmi yang erat Di Kelompok Lampung satu sama lain.

Bahan-bahan dan deskripsi rasa Minuman khas Lampung ada Di halaman berikutnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Puas Nyeruit Sambal Asli Lampung yang Pedas Segar Di Tempat Ini