Henti Jantung Di Olahragawan Muda, Mengapa Dapat Terjadi? Begini Kata Praktisi Medis


Jakarta

Peristiwa Pidana henti jantung mendadak atau cardiac arrest seringkali menjadi penyebab utama kematian Olahragawan muda. Situasi ini kerap tidak disadari Lantaran bisa terjadi tanpa adanya Tanda Sebelumnya Itu.

Situasi ini menjadi sorotan Setelahnya Olahragawan bulutangkis muda asal China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia Di bertanding. Menurut laporan, Olahragawan berusia 17 tahun itu didiagnosis meninggal Lantaran henti jantung mendadak.

Terlepas Di itu, spesialis bedah jantung dan pembuluh darah dr Rugun Maria Elizabeth Tobing, SpBTKV, menjelaskan ada dua kemungkinan penyebab Situasi henti jantung banyak dialami orang usia muda.


“Kalau umur yang muda, apalagi Di bawah 20 tahun ya, itu kemungkinan besar Lantaran ada kelainan jantung bawaan. Itu bisa ada beberapa tipe. Tapi, secara statistik paling banyak adalah gangguan otot jantung yang disebut kardiomiopati atau Hypertrophic obstructive cardiomyopathy (HOCM),” jelas dr Rugun Di dihubungi detikcom, Kamis (4/7/2024).

“Itu memang bawaan dan itu progresif. Didalam Sebab Itu, pelan-pelan makin berat,” sambungnya.

Di Di Itu, Situasi henti jantung juga bisa disebabkan Didalam gangguan irama jantung. Situasi ini bisa terjadi Di ada kelainan Di kelistrikan Di jantung.

Tetapi, dr Rugun mengatakan Situasi henti jantung ini tidak selalu bisa dideteksi Di awal. Terlebih Di usia yang muda, seperti Di bawah 20 tahun.

“Apalagi kalau umur semuda itu, biasanya sih check up-nya kan nggak terlalu sampai Di ya, Bisa Jadi masih yang general banget, ini asumsi saja,” tutur dr Rugun.

“Bisa Jadi kalau Di umur 17 kan Dikatakan belum ada risiko-risiko kelainan jantung. Didalam Sebab Itu kalau dia belum ada keluhan yang bermakna, Bisa Jadi tidak pernah Di check sampai detail Di arah jantung,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Henti Jantung Di Olahragawan Muda, Mengapa Dapat Terjadi? Begini Kata Praktisi Medis