Bayar Tol Tanpa Setop Bakal Berlaku Ke 7 Ruas Tol, Cek Daftarnya


Sistem transaksi jalan tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) Berencana diterapkan Ke tujuh ruas tol Ke Indonesia, mulai Bersama tol Jagorawi hingga tol Untuk kota. Simak daftarnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menjelaskan tujuh ruas tol itu diuji tahap awal MLFF.

“Untuk tahap masa transisi sistem MLFF Berencana diterapkan Ke beberapa ruas yang masuk Ke Untuk perimbangan masa transisi,” tulis keterangan BPJT, mengutip Detik.

Berikut daftar ruas tol MLFF Ke tahap awal:

– Tol Bali Mandara
– Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam),
– Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi)
– Tol Jakarta-Cikampek (Japek)
– Tol Soedijatmo (Tol Bandara Soetta)
– Tol Untuk Kota Jakarta
– Tol Ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1

Pemerintah mengklaim, Lanjutnya implementasi MLFF bakal dilakukan secara bertahap Ke ruas tol lainnya Ke Indonesia.

Sistem MLFF memungkinkan Pemakai jalan bisa melaju melaju tanpa harus berhenti Ke gerbang tol.

“Ke tahap Lanjutnya implementasi sistem MLFF Berencana dilakukan secara bertahap Ke ruas lainnya Ke seluruh jalan tol Ke Indonesia,” tutur BPJT.

Komunitas yang ingin menggunakan infrastruktur MLFF harus mendaftar Lewat Inisiatif Untuk melakukan pembayaran, jika tidak, mereka Berencana dikenakan Hukuman Politik.

Tetapi, penerapan MLFF ini belum serempak dilakukan dan Mutakhir Berencana berjalan Bersama penerapan SLFFlebih dulu. Penerapan MLFF dikatakan belum bisa dilakukan lantaran berbagai faktor.

Untuk tahap awal penerapan pembayaran tol tanpa setop Berencana menggunakan sistem Single Lane Free Flow (SLFF) Bersama barrier dan tapping (hybrid).

Untuk skema SLFF, setiap Kendaraan Pribadi yang melintas Ke gerbang tol masih ditutup Bersama palang. Apabila pembayaran sudah terdeteksi, maka palang pintu otomatis Berencana terbuka.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Roatex Indonesia, badan usaha pelaksana (BUP) sistem MLFF, Attila Keszeg menyebutkan sistem bayartoltanpa setop aliasMLFF Berencana dimulai Oktober 2024.

“Insyaallah, insyallah (dimulai Oktober 2024),” kata Attila Untuk Media Briefing Ke Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (28/5).




Cara Kerja MLFF, Bayar Tol Tanpa Berhenti (Foto: CNNIndonesia/ Agder Maulana)

Sistem transaksi pembayaran jalan tol nontunai nirsentuh ini sebenarnya sudah diuji coba Dari 12 Desember 2023 Ke Tol Mandara, Bali.

Pemerintah juga sudah mengatur MLFF. Hal ini tertuang Untuk Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol yang diteken Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) Ke 20 Mei 2024 lalu.

Kini, Pemakai jalan tol wajib mendaftarkan nomor kendaraanya Ke Inisiatif MLFF yang bernama Cantas.

[Gambas:Video CNN]




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Bayar Tol Tanpa Setop Bakal Berlaku Ke 7 Ruas Tol, Cek Daftarnya