Wisata  

Batik Marunda Identitas Terbaru, Lahir Bersama Goresan Tangan Ibu-ibu Hingga Rusunawa



Jakarta

Batik Marunda lahir Bersama tangan-tangan terampil ibu-ibu Rumah tangga Hingga Rusunawa Marunda, Jakarta Utara. Menjadi identitas Terbaru khas Jakarta Utara.

Batik Marunda Memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Yakni penggabungan motif flora juga fauna. Motif-motif tersebut diambil Bersama flora dan fauna yang ada Hingga Di Jakarta, salah satunya motif wedelia seruni atau seruni rambat Hingga Taman Ayodya.

Selain motif-motif flora dan fauna, batik Marunda juga Memiliki motif lain layaknya bangunan-bangunan yang ada Hingga Jakarta seperti Jakarta International Stadium (JIS), Monumen Nasional (Monas) atau kekhasan Betawi lain, seperti penari topeng.


Koordinator Produksi Batik Marunda, Mulyadi, mengatakan secara keseluruhan motif yang dimiliki Bersama batik Marunda itu mencapai puluhan dan tentunya bervariasi.

“Banyak sih kalau dihitung-hitung kira-kira 50 lebih mah ada sih, saya nyatetin aja ada lebih (motif),” kata pria yang akrab disapa Mul Untuk perbincangan Bersama detikTravel, Jumat (5/7/2024).

Kendati sama-sama muncul Hingga Jakarta, batik Marunda berbeda Bersama batik Betawi. Perbedaan kedua batik itu terletak Di motif dan penggunaan warna yang dipakai.

Mul mengatakan jika batik Betawi biasa menggunakan warna yang cerah sedangkan Batik Marunda menggunakan warna-warna yang gelap.

“Yang membedakan batik kita Bersama batik Betawi kalau batik Betawi dia kan cerah, kalau batik Marunda lebih Hingga kayak warna-warna gelap. Kayak merahnya merah marun, orange-nya agak tua gitu, birunya biru dongker,” kata Mul.

Batik Marunda diproduksi Hingga Rusunawa Marunda Blok A 10 dan berada tepat Hingga lantai dasar.

Sebelum 2014

Mul menceritakan batik Marunda Terbaru berumur satu dekade, tepatnya Sebelum 2014. Batik itu diawali Bersama Inisiatif pembinaan yang diinisiasi Bersama Iriana, ketika Joko Widodo masih menjabat sebagai Gubernur Jakarta Di 2013.

“Batik Marunda itu Bersama tahun 2014 waktu itu kita Bersama Dekranasda tuh pelatihan, pelatihannya berjenjang tiga bulan kelar terus tiga bulan ada lagi. Sesudah itu kita berjalan dan udah diperkenalkan gitu,” kata Mul.

Bersama pembinaan itulah kini pembuat batik Marunda Hingga rusun mencapai 10 orang.

Biasanya Bagi kain batik Bersama motif yang rumit perlu waktu hingga dua minggu pengerjaannya, seperti motif pinisi. Akan Tetapi Bagi salah satu pecanting Batik Marunda, Saras, menyebut Untuk satu hari bisa menorehkan malam Hingga Untuk lima kain yang nantinya Berencana Lewat proses Lanjutnya Bagi menjadi kain batik yang cantik.

“Kalau saya itu bisa lima, bisa juga enam,” kata dia.

Untuk setiap cairan malam yang ia goreskan Untuk sebuah kain itu berbagai motif, tak ada motif andalan pelanggan yang spesial. Bersama pemaparannya setiap motif Batik Marunda ini laku secara pemasaran Karena Itu setiap hari ia bisa mencanting berbagai motif Batik Marunda.

“Cuma yang sering kita canting semua pesanan itu pasti semua motif, beragam sih maksudnya nggak selalu monoton satu motif,” kata Saras.

Batik Marunda merupakan batik yang dikerjakan semuanya menggunakan tangan atau yang dikenal juga Bersama batik tulis. Saras menyebut batik Marunda Memiliki kekhasan kendati motifnya sama tapi yang mencantingnya berbeda orang maka hasilnya pun Berencana Memiliki perbedaan.

“Semuanya dikerjakan Bersama tangan Karena Itu setiap motif yang kita kerjakan itu pasti beda Lantaran biar satu gambar, satu motif tangan kita tuh beda. Karena Itu satu kreasi orang itu nggak semua sama Karena Itu kita tahu ‘oh ini motifnya yang ngerjain Ibu Misrida atau oh ini cantingannya Bu Saras,” kata dia.

Rata-rata ukuran kain yang dicanting Bersama para ibu-ibu Hingga Rusunawa Marunda ini Di 2,5 meter. Proses membatik Bagi batik Marunda juga sama seperti proses batik lainnya, mulai Bersama menjiplak gambar, mencanting, Memberi warna, lorot atau menghilangkan malam Di kain hingga menjemurnya,

Sesudah itu, kain batik Marunda pun siap Bagi dipasarkan. Saras menyebut harga satu kain batik Marunda berada Hingga kisaran Rp 1,5 juta.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Batik Marunda Identitas Terbaru, Lahir Bersama Goresan Tangan Ibu-ibu Hingga Rusunawa