Wakil Rakyat Minta Segera Lakukan Penyembuhan Layanan dan Audit Pasca Server PDN Diretas

Anggota Komisi I Wakil Rakyat, Sukamta meminta Kominfo serta Badan Siber dan Sandi Bangsa (BSSN) Sebagai segera memulihkan pelayanan usai adanya gangguan server PDN. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Anggota Komisi I Wakil Rakyat , Sukamta meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Badan Siber dan Sandi Bangsa (BSSN) Sebagai segera memulihkan pelayanan usai adanya gangguan server Pusat Data Nasional (PDN) . Sebab, pelayanan harus tetap berjalan normal.

“Yang pertama Penyembuhan pelayanan. Sebab Bangsa ini kan harus jalan pelayanan harus segera dilakukan,” kata Sukamta diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk Pusat Data Bocor, Siapa Teledor?, Sabtu (29/6/2024).

Sukamta menyebut bahwa Kelompok atau pihak-pihak yang merasa dirugikan Didalam gangguan server tersebut juga bisa melakukan class action.

“Dari Sebab Itu kalau perlu didorong lagi Dari pihak-pihak yang dirugikan lakukan class action. Inikan perlu sesekali class action itu harapannya memori pemerintah dan memori publiknya lebih panjang tidak cepat lupa,” jelasnya.

“Saya membayangkan nih kalau Bangsa-Bangsa lain yang warga negaranya juga datanya Hingga-hack dan diperjualbelikan Sebab ini menyangkut layanan Perpindahan Penduduk itu kan juga kerugian Bangsa Berencana Lebih besar itu,” jelasnya.

Langkah lainnya, kata Sukamta, meminta agar segera dilakukan audit secepatnya. Dirinya juga meminta adanya pertanggungjawaban yang transparan agar publik tidak resah.

“Nah yang kedua segera lakukan audit secepatnya tidak menunggu berlama-lama. Terus Lalu siapa pun yang bertanggung jawab lakukan tanggung jawab secara proporsional apakah menterinya, pejabat-pejabat pelaksananya semua menurut saya perlu ada pertanggungjawaban yang transparan. Komunikasi Mungkin Saja juga tranparan walaupun tidak 100% perlu dibuka. Agar publik ini tidak resah tau apa yang mesti dilakukan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sukamta mengatakan bahwa gangguan server Pusat Data Nasional (PDN) telah dilakukan Di waktu yang lama. Menurutnya peretas memanfaatkan kelemahan Di server tersebut.

“Itu Mungkin Saja masuknya sudah berbulan-bulan bertahun-tahun Mungkin Saja. Dari Sebab Itu ada kelemahan sistem Hingga situ, saya tidak tahu kelemahannya Mungkin Saja apa Berencana diaudit, audit security Hingga situ,” paparnya.

Menurut Sukamta, peretas Memperoleh strategi membawa keluar data Didalam server secara perlahan dan butuh waktu yang panjang. Sukamta menyebut peretas tidak Mungkin Saja mengganggu data server PDN Di sehari ataupun dua hari, Sebab pasti Berencana terdeteksi atau ketahuan.

“Ada strateginya bawa keluarnya dikit-dikit pelan-pelan Di waktu yang panjang, tidak sehari dua hari. Kemarin itu bahwa keluarnya kalau begitu mah ya seperti ngerampok bank ngambil seluruh isi brankasnya. Di satu hari kan kemungkinan tidak Mungkin Saja langsung ketahuan,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Wakil Rakyat Minta Segera Lakukan Penyembuhan Layanan dan Audit Pasca Server PDN Diretas