Wisata  

Tahukah Kamu, Selandia Mutakhir Punya Perayaan Serupa Idul Fitri



Jakarta

Selandia Mutakhir Memiliki momen tahun Mutakhir lokal yang dirayakan secara nasional. Kemeriahan suasana momen ini dikatakan mirip Di perayaan Idul Fitri jika Hingga Indonesia.

Dubes Selandia Mutakhir Kevin Burnett cukup gamblang menerangkannya Di perayaan Hingga Jakarta, Jumat (28/6/2024) malam. Ia mengatakan bahwa perayaan tahun Mutakhir ini adalah yang pertama Hingga Indonesia.

“Saya merasa terhormat Sebagai menyambut Anda malam ini Di Peristiwa Matariki perdana Hingga Jakarta, yang menandai Tahun Mutakhir Maori dan merayakan kekayaan identitas Kearifan Lokal Global Selandia Mutakhir,” kata Kevin.


“Hingga Selandia Mutakhir, Matariki muncul tepat Sebelumnya fajar Hingga pertengahan musim dingin, awal tahun Mutakhir Di kalender bulan tradisional Maori,” terang dia.

Sambil Suku Maori telah lama merayakan Matariki secara tradisional, ujar Kevin, keputusan Di tahun 2022 Sebagai menjadikan Matariki sebagai hari libur nasional Hingga Selandia Mutakhir merupakan pengakuan Akansegera pentingnya Kearifan Lokal Global Maori Untuk identitas nasional.

“Seperti halnya Idul Fitri Hingga Indonesia, tanggal resmi Matariki bervariasi tergantung Di pergerakan langit. Tahun ini jatuh Di hari ini Jumat, 28 Juni,” ucap dia.

“Karena Itu malam ini kami bergabung Bersama seluruh warga Selandia Mutakhir Sebagai merayakan perayaan Mouri yang istimewa. Bintang-bintang Matariki Memiliki makna Hingga berbagai Kearifan Lokal Global, termasuk Hingga sini Hingga Asia Tenggara dan Hingga Pasifik, yang mencerminkan keterkaitan yang melekat Hingga Area ini,” urai dia.

Dubes Selandia Mutakhir Kevin Burnett (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Sejarah Matariki

Matariki yang penting Di Kearifan Lokal Global Maori merepresentasikan Kearifan Lokal panjang navigasi Bersama bintang-bintang. Kearifan Lokal ini memandu perjalanan nenek moyang para warga Selandia Mutakhir, yang diyakini dimulai Dari 5000 tahun yang lalu Hingga Taiwan.

“Sebuah Perpindahan Penduduk Pada berabad-abad sebagai Suku Maori, melewati Filipina dan Indonesia Sebelumnya menyeberangi Pasifik.Dan akhirnya, menetap Hingga Selandia Mutakhir,” kata Kevin.

“Perjalanan luar biasa ini adalah salah satu Bersama banyak kisah yang menghubungkan Kearifan Lokal Global, bahasa, dan orang-orang Hingga Area kami Pada ini,” ucap dia.

“Menyambut tahun Mutakhir Maori, Matariki, adalah waktu Sebagai merefleksikan masa lalu, merayakan masa kini, dan menatap masa Didepan Bersama penuh semangat. Di semangat Matariki, saya merefleksikan hubungan Selandia Mutakhir yang kuat Bersama Indonesia Dari kemerdekaannya,” kata dia.

Matariki, Dubes Selandia Baru Kevin Burnett, dan Wamenparekraf Angela TanoesoedibjoWamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Selandia Mutakhir Contoh Parekraf Bekerja Maksimal

Sambil Itu, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo yang hadir Hingga lokasi perayaan Matariki mengucap bahwa kedua Bangsa telah berhubungan baik Bersama dasar kehormatan. Ia pun ingin hubungan itu terus berlanjut dan Lebih erat.

“Atas nama Pemerintah Indonesia, merupakan suatu kehormatan Untuk saya Sebagai Menyediakan sambutan Di resepsi diplomatik ini, Sebagai merayakan tahun Mutakhir Suku Maori dan hubungan diplomatik Di Indonesia dan Selandia Mutakhir,” kata dia.

“Kedua Bangsa telah membina hubungan yang didasari Dari rasa saling menghormati, kerja sama, dan komitmen bersama Di kemakmuran dan Keamanan Dunia Dunia, mulai Bersama perdagangan dan kemitraan ekonomi hingga pertukaran Kearifan Lokal Global dan kepedulian Di lingkungan,” imbuh dia.

“Pada kita berkumpul malam ini Sebagai merayakan pentingnya Matariki, sebuah simbol awal yang Mutakhir, refleksi dan Kemajuan, mari kita tegaskan kembali komitmen kita Sebagai memperdalam hubungan Di kedua Bangsa Hingga berbagai sektor, termasuk sektor Wisata Internasional dan ekonomi kreatif,” terang dia.

Kedua sektor ini, kata Angela, telah menjadi pendorong ekonomi utama secara Dunia dan memainkan peran penting Di memelihara Kearifan Lokal Global dan mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Sebagai wakil Pembantu Presiden Tim Menteri Wisata Internasional dan ekonomi kreatif, ia sering menyebut Selandia Mutakhir sebagai contoh tempat Hingga mana industri kreatif dan sektor Wisata Internasional terintegrasi Bersama sempurna.

“Kita semua tahu bahwa salah satu pencapaian sinematik paling luar biasa sepanjang masa, Lord of The Rings, difilmkan Hingga Selandia Mutakhir dan Menarik Perhatian perhatian para pelancong Hingga seluruh dunia,” tegas Angela.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Tahukah Kamu, Selandia Mutakhir Punya Perayaan Serupa Idul Fitri