Wisata  

Pulau Onrust Jakarta yang Misterius juga Tak Pernah Istirahat



Jakarta

Pulau Onrust merupakan Dibagian Di 110 pulau Di gugusan Kepulauan Seribu. Ia pantas Merasakan julukan pulau yang tak pernah istirahat.

Pulau yang ditetapkan sebagai cagar Kearifan Lokal Global ini pernah menjadi lokasi Berpergian Kandidatteratas para bangsawan Di Kerajaan Banten Di abad Hingga-15.

Awal abad Hingga-17, Di masa kolonial, pulau ini dijadikan gudang perbekalan, tempat penyimpanan rempah-rempah, serta galangan kapal.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di abad Hingga 16 Onrust menjadi basis Defender laut dan pusat pasukan kolonial serta lokasi transit pasukan Belanda. Benteng kokoh pun Lalu dibangun mengelilingi pulau.

Di Pada wabah leptospirosis Mengamuk Batavia, Onrust berubah fungsi menjadi lokasi karantina para jemaah haji sepulangnya mereka Di Arab Saudi.

Di masa penjajahan Jepang, dibangun penjara Di Pulau Onrust. Di pulau ini pula pemberontak Kartosuwiryo dimakamkan seusai dieksekusi, Di masa Setelahnya kemerdekaan RI.

Di tahun 2022 Pulau Onrust ditetapkan sebagai museum arkeologi yang dikelola Di Pemprov DKI Jakarta dan Lebih banyak dikunjungi sebagai tempat tujuan wisata sejarah.

Ketika saya Berkunjung Hingga pulau ini beberapa waktu yang lalu, ternyata tak hanya cerita sejarah yang beredar Di Pulau Onrust.

Ada juga kisah cinta berbalut misteri yang beredar Di mulut Hingga mulut tentang seorang gadis Belanda, putri seorang pejabat, bernama Maria van de Velde.

Maria meninggal Di pulau kecil berjarak 25 kilometer Di utara Jakarta itu Di usia 28 tahun Di tahun 1721 dan dimakamkan Di komplek pemakaman Belanda Di pulau itu.

Konon, menurut cerita yang masih bisa diragukan kebenarannya itu, hingga kini para penjaga museum yang bertugas Di Onrust masih melihatnya bergaun merah, Di menunggu kekasihnya yang tak kunjung tiba.

(msl/msl)

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Pulau Onrust Jakarta yang Misterius juga Tak Pernah Istirahat