Tedak Siten Azura Anak Atta dan Aurel, Ini Makna Melewati Tujuh Jadah


Jakarta

Atta dan Aurel Mengadakan Tedak Siten, prosesi adat Di pertama kali seorang anak belajar menginjakkan kaki. Salah satunya ada prosesi melewati tujuh jadah.

Keluarga Atta dan Aurel kembali Mengadakan upacara adat Untuk tanah Jawa, yaitu Tedak Siten. Tedak artinya turun, Sambil siten artinya tanah. Upacara ini diselenggarakan Sebagai merayakan seorang anak yang belajar menginjakkan kakinya.

Rangkaian upacara adat ini juga dilakukan Sebagai anaknya yang Hingga-2, yaitu Azura Humaira Nur Atta. Kegiatan ini berlangsung, kemarin (8/7) dan dihadiri seluruh anggota keluarga besar Atta dan Aurel.


Ke upacara adat Tedak Siten, terdiri atas beberapa prosesi. Hingga antaranya ada beberapa urutan prosesi, yaitu membersihkan kaki anak, melewati tujuh jadah, naik tangga, masuk Hingga kurungan, memandikan anak, dan menyebar udhik-udhik, seperti dikutip Untuk detikJogja (19/2/2024).

Salah satu prosesinya adalah Melewati Tujuh Jadah. Jadah ini adalah Konsumsi khas Jawa yang terbuat Untuk beras ketan. Untuk prosesi ini, jadah tersebut diberikan warna merah, putih, hijau, kuning, biru, merah muda, dan ungu.

Ternyata, prosesi melewati tujuh jadah ini Memperoleh makna tersendiri. Apa saja maknanya?

Warna yang beragam Ke jadah ini menggambarkan berbagai rintangan hidup yang nantinya harus dihadapi anak. Lalu, tujuh Memperoleh simbol pitulungan atau pertolongan, diambil Untuk bahasa Jawa yaitu pitu.

Ilustrasi Tedak Siten Foto iStock

Masing-masing warna jadah ini Memperoleh makna tersendiri. Jadah berwarna merah berarti berani yang mengharapkan agar anak berani Untuk melangkah Untuk kehidupan.

Jadah berwarna kuning artinya kekuatan lahir batin. Lalu, ada warna putih yang berarti kesucian hati dan pikiran, biru berarti ketenangan jiwa.

Lalu, warna hijau berarti kesuburan, merah muda berarti cinta dan kasih sayang. Serta warna ungu yang Memperoleh arti kesempurnaan atau puncak.

Di melangkahi setiap jadah itu, Azura dibantu Di kedua orang tuanya. Ameena, sang kakak juga tampak gemas mengikutinya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Tedak Siten Azura Anak Atta dan Aurel, Ini Makna Melewati Tujuh Jadah