Bisnis  

Pelni Ajukan PMN 2025 Rp2,5 Triliun, Buat Beli 2 Kapal Terbaru

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengajukan PMN tahun Biaya 2025. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengajukan Penyertaan Modal Negeri (PMN) tahun Biaya 2025 sebesar Rp2,5 triliun. Dana segar ini digunakan Sebagai pembelian dua unit kapal penumpang Terbaru.

Usulan PMN 2025 disampaikan Direktur Utama Pelni, Tri Andayani, Di Diskusi dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI Wakil Rakyat RI, Selasa (9/7/2024). Hal tersebut dilatarbelakangi Dari beberapa pertimbangan, seperti umur armada kapal Di atas 30 tahun sebanyak 12 kapal atau ekuivalen 46 persen Didalam total armada laut yang dimiliki perusahaan.

“Kami mengusulkan nilai PMN sebesar Rp2,5 triliun Sebagai pembelian dua unit kapal penumpang Terbaru new building yang telah melewati ukur teknisnya 30 tahun Di tahun 2024 ini,” ujar Tri Andayani.

“Usulan ini dilatarbelakangi Dari beberapa pertimbangan yaitu umur armada kapal Di atas 30 tahun sebanyak 12 kapal atau ekuivalen 46 persen,” paparnya.

Baca Juga: BUMN Banyak yang Megap-megap, Ini Saran Sri Mulyani

Menurut dia usia kapal Di atas 30 tahun Memberi risiko buruk Bagi keselamatan penumpang dan awak kapal. Di Di Itu, tidak efisien Didalam sisi operasional dan teknis.

“Tentunya Berencana Memberi risiko aspek keselamatan dan dampak inefisiensi yang juga Lebih Meresahkan Di aspek operasional dan teknis, Lebih bertambahnya umur kapal,” beber Tri.

Alasan lain adalah Indonesia sebagai Negeri kepulauan, Agar pemerintah harus menjamin aksesibilitas dan konektivitas Komunitas antar pulau.

Baca Juga: Belanja Negeri Naik Karena Itu Rp1.398 T, Paling Banyak Berlari Ke Bantuan Pemerintah

“Pengangkutan penumpang Melewati moda transportasi laut menjadi hal yang sangat penting dan harus terus dilaksanakan,” ucap dia.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pelni Ajukan PMN 2025 Rp2,5 Triliun, Buat Beli 2 Kapal Terbaru