Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Begini Penjelasan Praktisi Medis Gigi


Jakarta

Gigi bungsu biasanya tumbuh paling terakhir dan berlokasi Hingga Dibagian Dibelakang mulut. Mengingat ia tumbuhnya paling terakhir, banyak Praktisi Medis yang menyarankan Sebagai mencabut gigi bungsu.

Alasan Praktisi Medis menyarankan Sebagai mencabut gigi bungsu ini bermacam-macam, bisa Lantaran telah menimbulkan rasa nyeri, tumbuhnya tidak sempurna, hingga ditakutkan mengganggu gigi-gigi lainnya.

Di beberapa Kemakmuran, ternyata gigi bungsu ini bisa saja dibiarkan tumbuh dan tidak mesti dicabut. Spesialis bedah mulut, drg Muhammad Reza Pahlevi, SpBM(K) mengatakan gigi bungsu yang lahir secara sempurna bisa saja dibiarkan tumbuh.


“Kalau misalkan Bersama pemeriksaan klinis itu giginya tumbuh sempurna, artinya gigi bungsunya bisa tumbuh semua, mahkotanya terlihat semua Lalu tidak ada gangguan Hingga gigi tetangganya, dipakai mengunyah tidak masalah, sebenarnya dipertahankan tidak apa-apa,” ujar dr Reza Untuk webinar daring, Rabu (10/7/2024).

dr Reza menambahkan, Di Kemakmuran tertentu seperti Pada gigi bungsu sudah mulai Menyediakan rasa tidak nyaman dan terlihat tumbuhnya tidak normal, maka Praktisi Medis Berencana menyarankan Sebagai segera mencabutnya.

“Tetapi yang Karena Itu masalah ketika kita lakukan pemeriksaan klinis gigi bungsu ini tumbuhnya tidak normal, seperti tumbuh miring, Agar bisa menyebabkan kerusakan Hingga gigi tetangga, kami biasanya sarankan Sebagai diambil,” kata dr Reza.

Perawatan Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal ini merupakan hal yang wajar terjadi. Pada gigi bungsu tumbuh tidak normal, dr Reza mengatakan ia bisa saja tumbuh miring Hingga kanan atau Hingga kiri, Justru hingga tumbuh secara terbalik.

“Di usia 17 sampai 18 tahun, kita bisa melihat benih-benih ini kira-kira tumbuh sempurna atau gagal tumbuh. Kalau tempatnya nggak cukup dia bisa aja tumbuh miring Hingga kanan, Hingga kiri,” ujar dr Reza.

“Justru saya pernah menemukan Perkara Hukum Hukum gigi bungsunya (tumbuh) terbalik. Untuk arti akarnya Hingga atas, kepalanya Hingga bawah mahkota giginya itu,” tutupnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Begini Penjelasan Praktisi Medis Gigi