Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Makna Gelar Doktor dan Praktisi Medis


Jakarta

Arti doktor dan Praktisi Medis masih sering Disorot sama Dari sebagian orang. Padahal, keduanya Memiliki makna dan penulisan gelar yang benar-benar berbeda.

Faktanya, tak sedikit orang yang masih belum memahami perbedaan Ditengah gelar doktor (Dr) dan Praktisi Medis (dr). Hal ini kerap kita lihat Di menulis singkatan Di gelar tersebut. Doktor yang seharusnya disingkat ‘Dr’ malah ditulis ‘dr’, dan begitu juga Sebagai Alternatif.

Lantas, apa sih perbedaan arti doktor dan Praktisi Medis? Agar tidak tertukar, simak penjelasannya Ke sini.


Arti Gelar Doktor dan Praktisi Medis

Masih banyak yang mengira arti doktor sama Di orang yang Menyediakan pelayanan Kesejajaran. Tetapi, gelar tersebut ternyata Memiliki makna yang sangat berbeda.

Dikutip Di Bacaan Kuliah Doktor, Siapa Takut? yang ditulis Dari Agung Nugroho Catur Saputro, doktor adalah gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah menyelesaikan jenjang Belajar formal tertinggi, yaitu Strata-3 alias S3.

Sambil Itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, doktor adalah gelar kesarjanaan tertinggi yang diberikan Dari perguruan tinggi kepada sarjana yang telah menulis dan mempertahankan disertasinya. Disertasi adalah karangan ilmiah yang merupakan tugas akhir Untuk seseorang yang menempuh dan ingin memperoleh gelar doktor.

Rata-rata, proses Belajar doktor berkisar Ditengah 3-5 tahun. Tetapi, hal tersebut bisa berubah dan menyesuaikan Di Keputusan masing-masing kampus yang Melakukan Langkah Belajar doktor.

Sedangkan, Praktisi Medis adalah gelar Untuk lulusan Belajar kedokteran yang ahli Di hal Penyakit dan pengobatannya. Belajar kedokteran juga terdiri atas banyak cabang ilmu, mulai Di Praktisi Medis anak, bedah, forensik, gigi, hewan, spesialis, hingga umum.

Perbedaan Doktor dan Praktisi Medis

Selain Di segi keilmuan dan Pengalaman Hidup, perbedaan doktor dan Praktisi Medis juga bisa dilihat Di cara penulisan gelarnya.

Untuk gelar doktor, ditulis Di Dr (D kapital atau besar, r kecil). Sedangkan Untuk gelar Praktisi Medis, ditulis dr (d dan r kecil).

Dari Sebab Itu kesimpulannya, arti doktor adalah seseorang yang telah menyelesaikan Belajar S3. Perbedaan doktor dan Praktisi Medis dapat jelas dilihat Di cara penulisan singkatan gelarnya. Jika Dr, maka berarti doktor, dan jika dr, artinya orang tersebut adalah lulusan kedokteran.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Makna Gelar Doktor dan Praktisi Medis