Profesor Gizi IPB Ungkap Alasan Susu UHT Aman Disimpan Di Suhu Ruang


Jakarta

Emosi ‘tersulut’ Di Merasakan susu UHT yang dibelinya tak dingin, seorang ibu mendadak viral lantaran Unjuk Rasa marahnya Ke petugas minimarket terekam dan ramai tersebar Di media sosial. Pasalnya, ibu yang tak diketahui namanya tersebut meminta uangnya dikembalikan Lantaran susu yang diterima tidak disimpan Di lemari pendingin.

Belum diketahui pasti alasan dirinya tidak mau Merasakan susu UHT Di Situasi dingin, tetapi bisa dipastikan Di Situasi tersegel dan tidak terbuka, susu UHT aman dikonsumsi meski tersimpan Di suhu ruang.

Terlepas Bersama Perkara Hukum Hukum tersebut, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, Ketua Umum PERGIZI Ketahanan Pangan Indonesia menegaskan susu yang diolah dan dikemas Bersama label susu UHT, sudah disterilkan. Di prosesnya, bakteri dimatikan Bersama Metode pemanasan suhu tinggi.


“Itu Di waktu singkat yaitu Di suhu 135-145 derajat celcius Di 2-4 detik. Susu UHT aman disimpan Di suhu ruang sampai batas kedaluwarsa tercantum Di label,” tuturnya Di dihubungi detikcom Rabu (10/7/2024).

“Lantaran itu bacalah label Sebelumnya membeli produk susu UHT, biasanya aman disimpan disuruh ruang sampai 6-12 bulan,” pesan dia.

Bersama catatan, disimpan Di suhu ruang yang jauh Bersama terik matahari dan tidak ada cacat kemasan. Lain halnya bila kemasan telah dibuka, konsumen wajib menutup kembali susu UHT dan disimpan Di lemari pendingin.

“Segera habiskan Sebelumnya 7 hari,” terangnya.

Karenanya, bila Untuk konsumsi pribadi, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut lebih menyarankan Untuk membeli ukuran kecil, alih-alih bentuk satu liter.

“Yang habis 1-2 kali minum. Bila Untuk kebutuhan bersama atau keluarga belilah yang ukuran besar misal 1 liter, Supaya Di beberapa hari Sesudah kemasan dibuka, susu sudah dihabiskan,” kata dia,

Adapun keharusan meminum susu Di Situasi dingin dan tidak, menurutnya tergantung Di persepsi dan kesukaan masing-masing orang.

“Bila suka yang tidak dingin maka gunakan susu UHT Bersama ukuran kemasan sekali minum. Bila sebaiknya, yaitu suka yg dingin, maka belilah susu UHT yang dingin, atau beli yang tidak dingin dan simpanlah Di kulkas,” sambung dia.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Profesor Gizi IPB Ungkap Alasan Susu UHT Aman Disimpan Di Suhu Ruang