Wisata  

Gili Iyang, Pulau Ke Sumenep Kaya Oksigen, Penduduknya Berumur Panjang



Jakarta

Gili Iyang merupakan salah satu kawasan Ke Indonesia Di penduduk yang panjang umur. Dijuluki pulau oksigen dan pulau awet muda.

Eksperimen dilakukan Di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), yakni Ke 2005. Ada 17 tempat Untuk Eksperimen Pada 7 bulan itu. Hasilnya, kadar oksigen Ke Gili Iyang Ke atas rata-rata.

Rata-rata, kadar oksigen hanya 18-19 persen. Sambil Itu Ke Gili Iyang, kadar oksigennya 20,9 persen Ke siang hari dan 21 persen lebih Ke malam hari.


Disebutkan tingginya oksigen Ke Gili Iyang itu disebabkan Di sirkulasi atau perputaran udara Ke atas Gili Iyang. Kalau malam hari, ada filterisasi udara Ke Gili Iyang, Lantaran bumi Gili Iyang berongga. Terbukti ada 19 gua yang terhubung.

Eksperimen terbaru tentang umur panjang Di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Di Economic Research Institute of Organisasiregional and East Asia (ERIA) Di judul Health Active Aging and Longevity (Halo Project) in Indonesia: Nutrional And Health The Status, Lifestyle, Profiles, Quality of Life, and Environmental Quality From Gili Iyang and Miduana Villages juga menyebutkan pulau itu Memiliki penduduk Di umur panjang.

Eksperimen itu meneliti 79 orang yang berusia 70 tahun Hingga atas Ke dua lokasi tersebut. Di seluruh responden, 42 berasal Di Gili Iyang dan 37 berasal Di Miduana.

Berdasarkan hasil Eksperimen, lansia Ke Gili Iyang yang berusia Untuk rentang 78-79 tahun berjumlah 5 orang, 88-89 tahun berjumlah 12 orang, 98-99 tahun berjumlah 17 orang, dan 100 hingga lebih Di 100 tahun berjumlah 8 orang.

Sambil Itu Ke Miduana lansia yang berusia 70-79 tahun berjumlah 8 orang, 88-89 tahun berjumlah 14 orang, 98-99 tahun berjumlah 12 orang, 100 hingga lebih Di 100 berjumlah 3 orang.

Guru Besar Departemen Biokimia dan Biologi Molekuler FKUI sekaligus Peneliti Utama Di studi tersebut Prof Dr rer Physiol dr Septelia Inawati Wanandi mengatakan terdapat sejumlah hal yang menjadi faktor Ke balik usia panjang warga Gili Iyang dan Miduana.

“Life Style, Latihan, Gizi, sosial ekonomi, psikologis, dan lingkungan,” kata Septelia seperti dikutip Di detikHealth, Senin (15/7)

Gili Iyang memang menjadi destinasi wisata Keadaan Dari beberapa lalu. Pulau itu dipilih penderita Penyakit pernapasan seperti asma Bagi healing.

Gili Iyang masuk Kecamatan Dungkek, Sumenep. Pulau ini terdiri Di dua desa yakni Bancamara dan Banraas.

Luas Gili Iyang Di 9,15 km2. Penduduk Di dua desa tersebut Di 7 ribu jiwa.

Bagi wisatawan, ada tempat khusus Bagi bisa duduk-duduk santai menikmati kesegaran oksigen Ke Gili Iyang, yakni Ke Titik Oksigen Ke Desa Bancamara. Terdapat gazebo-gazebo buat nongkrong.

Selain titik oksigen, ada sejumlah pilihan objek wisata lain yang bisa dikunjungi, Ke antaranya Batu Cangga, Pantai Ropet dan Goa Maha Karya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Gili Iyang, Pulau Ke Sumenep Kaya Oksigen, Penduduknya Berumur Panjang