Bisnis  

Muhammadiyah Ingin Bikin Bank Syariah Sendiri, OJK Buka Suara

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Merespons wacana Yang Terkait Di organisasi Islam Muhammadiyah yang dikabarkan bakal membuat bank syariah besar. Foto/Dok

JAKARTAOtoritas Jasa Keuangan (OJK) Merespons wacana Yang Terkait Di organisasi Islam Muhammadiyah yang dikabarkan bakal membuat bank syariah besar. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengatakan, pihaknya mendukung Kemungkinan tersebut asal Untuk persaingan yang sehat.

“OJK senantiasa Merangsang dan mendukung Kemungkinan hadirnya bank syariah Di skala besar Untuk rangka Pembaruan industri perbankan syariah agar dapat lebih Bersaing dan bersaing secara sehat,” ungkap Dian Untuk jawaban tertulis konferensi pers RDKB Juni 2024, Senin (15/7/2024).

Menurut Dian, hal tersebut sesuai Di POJK No. 16/POJK.03/2022 tentang Bank Umum Syariah, Bank Umum Syariah dapat dimiliki Di (a) warga Bangsa Indonesia dan/atau badan hukum Indonesia, atau (b) warga Bangsa Indonesia dan/atau badan hukum Foreign secara kemitraan, Di memperhatikan kemampuan keuangan yang memadai Di pemegang saham Sebagai mendukung permodalan yang kuat dan melaksanakan tata kelola yang baik sesuai Syarat yang berlaku.

Sebelumnya Itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memutuskan Sebagai mengalihkan dananya dan juga menginstruksikan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Sebagai ikut memindahkan dananya Di BSI.

Dana tersebut Sesudah Itu dialihkan Di sejumlah bank syariah lain, termasuk Bank Syariah Bukopin, Bank Mega Syariah, Bank Muamalat dan bank syariah lain yang Di ini melakukan kerja sama Di mereka.

Di Di Itu, Muhammadiyah juga dikabarkan Untuk melakukan “pendekatan” Sebagai mengakuisisi PT KB Bukopin Syariah (KBBS). Untuk Situasi Ini, pihak Muhammadiyah Terbaru memulai membuka pembicaraan Yang Terkait Di hal ini Di direksi anak usaha PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) itu.

Yang Terkait Di hal itu, OJK mengaku belum Memperoleh tindak lanjut apapun Di Muhammadiyah. “OJK belum Memperoleh surat permohonan akuisisi atas KB Bukopin Syariah,” kata Dian.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Muhammadiyah Ingin Bikin Bank Syariah Sendiri, OJK Buka Suara