Ikut Berlarilah Ke Pocari Sweat Run 2024? Yuk Perhatikan Gizi dan Hidrasimu


Jakarta

Sudah siap ikut Berlarilah Ke Pocari Sweat Run Indonesia 2024? Pasti para pencinta Berlarilah atau runners sudah bersiap mulai Didalam Laga Persahabatan fisik dan stamina yang teratur sampai Didalam memilih Kasut Berlarilah yang nyaman.

Eits, masih ada satu hal yang tidak kalah penting, yaitu asupan Gizi dan hidrasimu! Sebab kebutuhan seorang pelari bukan hanya fisik yang kuat dan kemampuanya menempuh jarak jauh tapi juga asupan Gizi dan hidrasi yang cukup.

Pemenuhan Gizi dan hidrasi ini sangat penting Bagi runners yang memerlukan energi besar Sebagai berlari. Berbagai manfaat Gizi yang tepat Ke Aktivitasfisik Berlarilah adalah Sebagai memenuhi kebutuhan energi dan bahan bakar Sebelumnya dan Di berlari, Memperbaiki Prestasi Aktivitasfisik, mempertahankan dan Memperbaiki massa otot, serta membantu proses Penyembuhan Sesudah berlari.

“Ke dasarnya kita membutuhkan Gizi yang lengkap dan juga seimbang Sebagai persiapan Aktivitasfisik, yakni Didalam makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien itu Di lain, ada karbohidrat, lemak dan protein,” jelas Spesialis Gizi Klinik Ke Mayapada Hospital Tangerang dr Mulianah Daya, MGizi, SpGK, AIFO(K).


“Sedangkan, mikronutrien berupa vitamin dan mineral yang bisa didapatkan Didalam Minuman sayur-sayuran dan buah-buahan. Jika ini terpenuhi, pelari biasanya tidak sulit Sebagai recovery Sesudah Berlarilah jarak jauh,” sambungnya.

Ada beberapa makronutrien yang diperlukan Dari runners, pertama, karbohidrat yang merupakan sumber energi utama dan paling efisien Pada Latihan. Malahan runners bisa melakukan carbo loading beberapa hari Sebelumnya perlombaan.

Carbo loading ini diperlukan Sebagai Memperbaiki cadangan glikogen, menstabilkan kadar gula darah, mencegah kelelahan dini, dan Memperbaiki konsentrasi Agar dapat membantu memaksimalkan endurance Di berlari.

“Biasanya, carbo loading dilakukan 2-3 hari Sebelumnya perlombaan. Runners secara bertahap dapat Memperbaiki asupan karbohidrat hingga mencapai 60-70% Didalam total kalori harian Akan Tetapi juga tetap memperhatikan kecukupan protein dan lemak baik,” tutur dr Mulianah.

“Minuman dan minuman tinggi karbohidrat Di lain nasi, pasta, kentang, roti gandum, buah-buahan, sayuran,” lanjutnya.

Kedua, protein yang berguna Sebagai mempertahankan dan Memperbaiki massa otot Di Latihan. Sebagai memenuhi kebutuhan protein, dapat mengonsumsi Minuman seperti daging, ikan, telur, susu rendah lemak, tahu, tempe, dan kacang.

Ketiga, lemak, yang dibutuhkan Ke Di Latihan Akan Tetapi jenis lemak yang dibutuhkan adalah jenis lemak baik dan bukan lemak jenuh atau jenis kolesterol yang dapat justru dapat menghambat Prestasi dan Memperbaiki stress oksidatif Agar dapat menghambat Prestasi Aktivitasfisik.

Lalu menurut dr Mulianah, pemenuhan Gizi Sebelumnya Latihan sebaiknya memperhatikan waktu Sebagai persiapan.

“Ke 3-4 jam Sebelumnya berlari sebaiknya mengonsumsi Minuman tinggi karbohidrat kompleks dan protein Sebagai menyediakan energi yang Konsisten lama, seperti nasi merah Didalam ayam panggang atau oatmeal Didalam susu rendah lemak. Ke 30 menit-1 jam Sebelumnya berlari hindari Minuman tinggi serat yang dapat mengganggu pencernaan Di berlari,” imbuh dr Muliana.

“Runners dapat mengonsumsi camilan ringan yang mudah dicerna, seperti pisang, yoghurt, roti Didalam selai, atau smoothies buah,” tambahnya.

Berikutnya, kebutuhan mikronutrien dapat diperoleh Didalam vitamin dan mineral yang bermanfaat Menyediakan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas yang muncul Ke Di Latihan khususnya Aktivitasfisik intensitas berat. Vitamin dan mineral ini bersumber Didalam sayur dan buah-buahan.

Sebagai Menyusun diri dan memenuhi kebutuhan Gizi Di berlari , dr Mulianah menyarankan Sebagai melakukan konsultasi Didalam Detail Didalam Ahli Kepuasan spesialis gizi klinik (SpGK) atau Ahli Kepuasan spesialis kedokteran Aktivitasfisik (SpKO) Sebagai memandu persiapan fisik dan asupan Gizi yang menunjang Karya berlari. Konsultasi ini dapat diperoleh Lewat layanan unggul Sports Injury Treatment and Performance Center (SITPEC) Ke Mayapada Hospital.

SITPEC merupakan layanan komprehensif dan terintegrasi Yang Berhubungan Didalam Aktivitasfisik dan Keadaan, yang didukung Dari Regu Ahli Kepuasan mulai Didalam Ahli Kepuasan spesialis Kedokteran Aktivitasfisik, Ahli Kepuasan Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, Ahli Kepuasan Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Ahli Kepuasan Spesialis Gizi Klinik, juga Ahli Kepuasan Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Sebagai Menyambut rekomendasi Aktivitasfisik yang baik Bagi jantung, serta Fisioterapis Aktivitasfisik jika Anda Di proses Penyembuhan pasca Kerusakan Aktivitasfisik.

Berikutnya, Spesialis Gizi Klinik Ke Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Yushila Meyrina, MSi, SpGK, turut memaparkan kebutuhan lainnya yang tak kalah penting, yakni kebutuhan hidrasi. Terpenuhinya kebutuhan hidrasi dapat menghindari dehidrasi Di berlari, mencegah kram otot, Memperbaiki metabolisme, dan menjaga stamina Di Latihan.

“Sedangkan Sebagai kebutuhan hidrasi, ada baiknya mengonsumsi cairan sebanyak 150-250 mililiter (ml) setiap 30 menit Latihan. Bisa juga ditambah Didalam minuman isotonik atau berkarbohidrat sebesar 30-60 gram Ke Aktivitasfisik Didalam durasi panjang lebih Didalam 60 menit,” jelas dr Yushila.

“Perlu diingat juga, bahwa Sesudah Latihan pun diperlukan kebutuhan hidrasi Sebagai menghindari dehidrasi. Idealnya konsumsi cairan pengganti sebesar 450-500 ml setiap 0,5 kilogram (kg) berat badan yang turun Di waktu 2 jam Sesudah melakukan Aktivitasfisik,” imbuhnya.

Sebagai official hospital partner Sebagai Pocari Sweat Run Indonesia 2024, Mayapada Hospital bersama Pocari Sweat Melakukanupaya Sebagai Memperbaiki kesadaran para runner Sebagai mengetahui kesiapan dan Kepuasan mereka masing-masing, Didalam menyediakan Self Health Assessment, yaitu formulir asesmen mandiri Didalam beberapa pertanyaan seputar Kepuasan dan riwayat Keadaan. Asesmen mandiri ini perlu diisi para runner yang Akansegera mengikuti offline event Sebagai dapat mengetahui dan menilai kesiapan mereka Sebelumnya ikut serta Di ajang Pocari Sweat Run Indonesia 2024.

Mayapada Hospital juga Menyediakan Pemberian menyeluruh kepada para runners Didalam menyediakan paket Medical Check Up (MCU) Runner yang dapat dilakukan Ke seluruh unit Mayapada Hospital, serta fasilitas pemeriksaan rekam jantung (EKG) secara gratis khusus Ke unit Mayapada Hospital Bandung.

Untuk mengawal Keadaan para peserta Di Peristiwa berlangsung, Mayapada Hospital Akansegera siap siaga menyediakan fasilitas ambulans, Regu Ahli Kepuasan spesialis dan Ahli Kepuasan umum, perawat lengkap beserta fisioterapis Aktivitasfisik, serta tenda ICU Sebagai penanganan Peristiwa Pidana Hukum kegawatdaruratan Didalam cepat dan tepat.

Kemeriahan Pocari Sweat Run Indonesia 2024, juga Akansegera diwarnai Didalam aktivasi Memikat seperti EKG, vision check, serta games yang Akansegera ada Ke booth Mayapada Hospital Di Race Pack Collection Ke tanggal 18-20 Juli 2024 dan Di Peristiwa berlangsung Ke tanggal 20-21 Juli 2024. Karena Itu, pastikan kamu siap ikut Ke Peristiwa Pocari Sweat Run Indonesia 2024 ini ya!

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ikut Berlarilah Ke Pocari Sweat Run 2024? Yuk Perhatikan Gizi dan Hidrasimu