Wisata  

Observatorium Bosscha Terganggu Lampu Sorot Pusat Hiburan



Jakarta

Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung Barat, terganggu polusi cahaya yang parah, terutama imbas lampu sorot pusat hiburan Ke malam hari. Peneropongan langit pun terhalang.

“Pada ini, lampu sorot melumpuhkan pengamatan bintang Ke Observatorium Bosscha,” keterangan Observatorium Untuk unggahannya Ke Instagram, Senin (15/7/2024) dan dikutip Selasa (15/7).

“Lampu sorot Untuk salah satu pusat hiburan Komunitas Ke kawasan Lembang membuat pengamatan bintang Ke Observatorium Bosscha lumpuh,” keterangan lanjutan, tanpa memerinci pusat hiburannya.


Bosscha mengunggah efek lampu sorot yang terjadi Ke Sabtu (13/7) itu Pada hasil peneropongan Ke All Sky Camera dan teleskop.

Tampak lampu sorot mendominasi tangkapan instrumen dan mengakibatkan hampir keseluruhan data pengamatan yang diambil Untuk teleskop tidak bisa digunakan.

“Lampu sorot mengkontaminasi tangkapan instrumen pengamatan, mengakibatkan hampir keselurahan data pengamatan yang diambil Untuk teleskop tidak bisa digunakan,” keterangan Bosscha.

[Gambas:Instagram]

Observatorium yang sudah berusia lebih Untuk seabad itu juga menyebut cahaya kota Lembang Ke dasarnya sudah Lebih mengancam pengamatan bintang.

“Polusi cahaya sebenarnya bukan saja ancaman Untuk astronomi. Polusi cahaya adalah ‘bencana’ yang tidak kita sadari,” keterangan Bosscha.

Menurut Studi International Dark Sky Organisation penghematan energi hingga energi 60 hingga 70 persen bisa dilakukan jika bijak mengatur penerangan luar.

“Observatorium Bosscha mengimbau kita semua Untuk menggunakan penerangan luar Di bijak. Terangi yang hanya perlu diterangi. Salam langit gelap Untuk kita semua,” menurut keterangan tersebut.

Ke 2021, peneliti Ke Observatorium Bosscha Yatni Yulianti Menginformasikan Kebugaran langit Ke Lembang memang sudah tidak ideal buat pengamatan langit. Tetapi, Kebugaran Pada itu masih dapat mengakomodasi pekerjaan-pekerjaan pengamatan astronomi.

Pada itu, dia Mengungkapkan polusi cahaya berasosiasi Di Kemajuan penduduk Ke kota Bandung, Lembang. Beberapa tahun belakangan ini terasa Meresahkan Di bertambahnya Karya wisata.

Sebelumnya Itu, sebuah studi Ke Royal Astronomical Society Menginformasikan mayoritas teropong bintang Ke dunia memang sudah tercemar polusi cahaya. Perubahan itu Berpeluang membuat tamatnya riwayat astronomi darat.

Studi yang dilakukan ilmuwan Untuk Italia, Chile, dan Spanyol itu dilakukan Di membandingkan polusi cahaya Ke hampir 50 observatorium, mulai Untuk yang profesional dan terbesar hingga observatorium kecil dan amatir.

Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia Satryo S. Brodjonegoro pernah menyinggung usaha pemangku Keputusan Untuk mengatasi polusi cahaya yang mengganggu Observatorium Bosscha.

Menurutnya, polusi itu dapat mengganggu produktivitas para astronom Untuk melakukan pengamatan benda langit.

“Sedikit harapan Untuk stakeholder, kami dapat laporan Untuk peneliti, terkadang sulit Merasakan perbintangan Sebab polusi akibat Untuk perkembangan tata ruang yang sudah berubah Untuk Kebugaran ideal dibanding Ke Pada Bosscha didirikan,” kata dia, Untuk peringatan 100 tahun Observatorium Bosscha ITB, Januari 2023.

Padahal, kata Satryo, Bosscha Memiliki lokasi yang sangat ideal Untuk bidang pengamatan benda langit dan membuat banyak peneliti internasional iri.

“Bosscha ini adalah lokasi yang terbaik Ke dunia Sebab Ke khatulistiwa, lokasi ini menurut saya tidak ada duanya Ke dunia. Banyak sekali rekan-rekan Ke tempat lain yang ingin bekerja sama Di Bosscha,” ujarnya.

Ke ajang yang sama, Ridwan Kamil, Pada masih menjabat Gubernur Jawa Barat, mengaku sudah menyiapkan regulasi Untuk memastikan kawasan Studi ini tidak terganggu Dari kepentingan komersial.

“Di bangunan yang sangat bersejarah ini kami sudah menyiapkan mekanisme aturan dan hukum Untuk memastikan kawasan ini terlindungi secara aturan, Supaya tidak diganggu Di kepentingan komersial yang sering kali mengalahkan logika jangka panjang,” ujar dia, tanpa memerinci soal aturan macam apa yang disiapkan Pada itu.



Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Observatorium Bosscha Terganggu Lampu Sorot Pusat Hiburan