Kemenag Dukung Penangkapan Pengasuh Ponpes Lumajang Nikahi Santri Tanpa Izin Orang Tua

Plt Direktur Pembelajaran Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono Abdul Ghafur mendukung penangkapan pengurus Ponpes Hubbunnabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam yang menikahi santriwatinya yang masih Di bawah umur tanpa izin orang tuanya. Foto/SINDO

JAKARTA – Plt Direktur Pembelajaran Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag) Waryono Abdul Ghafur mendukung penangkapan pengurus Pondok Pesantren Hubbunnabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam yang menikahi anak Di bawah umur tanpa izin orang tuanya. Pasalnya, pemahaman oknum tersebut jelas salah Lantaran menikahi anak Di bawah umur.

“Kita kan sudah meratifikasi Undang-Undang Perlindungan Anak bahwa usia pernikahan itu ditentukan Dari undang-undang. Itulah kenapa pelakunya dihukum Lantaran melanggar undang-undang Dari Sebab Itu itu enggak benar. Dari Sebab Itu pemahaman keagamaan kita itu sebagiannya diperkokoh Dari undang-undang Dari peraturan Negeri”kata Waryono Di Jakarta, Rabu (17/7/2024).

“Bayangkan umur berapa tahun tuh kemarin itu ya, masih kecil lah gitu ya, Sambil Itu laki-lakinya sudah dewasa dia juga masih masa belajar. Dari Sebab Itu saya sangat setuju tindakan aparat penegak hukum itu iya pakai aturan hukum Indonesia,”sambungnya.

Waryono menyebut pondok pesantren tersebut tidak Memperoleh izin Di Kemenag. Dia menyakini Kelompok Akansegera meninggalkan pondok itu tanpa diberikan Hukuman Politik Dari Kemenag.

“Kebetulan tidak (berizin). (Hukuman Politik) Ya kan tutup Di sendirinya tuh. Santrinya kan Di Berlari. Iya, santrinya kan keluar. Tapi kami tidak berpatokan Di izin atau tidak, tapi perlindungan kepada anak manusia. Itu yang paling pokok. Dari Sebab Itu Lantaran dia korban, anak manusia, maka harus dilindungi,”sambungnya.

Waryono menegaskan, oknum pengasuh pondok tersebut kini sudah Di tangkap. Maka Di adanya Tindak Kejahatan ini Kelompok Lebihterus cerdas Untuk lebih memilih pesantren yang baik dan berizin Kemenag Untuk sang anak.

“Pengasuhnya ditangkap. Dari Sebab Itu mohon maaf, oknum-oknum seperti itu tanpa terasa Di kecerdasan yang tumbuh Di Kelompok lama-lama ditinggalkan. Sudah itu. Lantaran sudah nggak relevan,” tuturnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kemenag Dukung Penangkapan Pengasuh Ponpes Lumajang Nikahi Santri Tanpa Izin Orang Tua